Hard News

Masih Ingusan Sudah Main Narkoba, Tiga Remaja di Sangatta Terpaksa Berurusan dengan Kepolisian

Masih Ingusan Sudah Main Narkoba, Tiga Remaja di Sangatta Terpaksa Berurusan dengan Kepolisian
Para bocah ingusan di Sangatta, Kutim, ini terpaksa berurusan dengan pihak kepolisian lantaran memiliki narkoba. (Dok Polres Kutim)

Masih Ingusan Sudah Main Narkoba, Tiga Remaja di Sangatta Terpaksa Berurusan dengan Kepolisian. Diusianya yang masih belasan tahun, para bocah yang maish bau kencur itu sudah mengantongi narkoba jenis sabu 0,62 gram.

Akurasi.id, Sangatta – Remaja berinisial YF (17) harus berurusan dengan pihak berwajib. Pasalnya, dia kedapatan menyimpan narkoba jenis sabu sebanyak 2 poket dengan berat 0,62 gram. Remaja pengangguran itu diringkus aparat Polres Kutai Timur di depan Dayung Resto, Jalan Dayung RT 004, Desa Singa Gembara, Sangatta Utara, Kutim. Mereka dibekuk sekira pukul 23.00 Wita, Jumat (02/07/2021).

“Kami mendapat informasi dari masyarakat bahwa di kawasan itu kerap dijadikan transaksi narkotika,” sebut Kapolres Kutim AKBP Welly Djatmoko melalui Kasat Reskoba Iptu MP Rachmawan, Senin (5/7/2021).

Atas laporan itu, anggota Satresnarkoba Kutim kemudian melakukan penyelidikan. Saat berada di sekitar kawasan Dayung Resto, aparat melihat gerak-gerik orang yang mencurigakan. Yang saat itu tengah berjalan di depan resto tersebut.

Aparat kemudian mendatangi pria tersebut, lalu melakukan pemeriksaan dan penggeledahan badan. Saat digeledah, YF sempat membuang 1 poket sabu di tangannya ke badan jalan. Akan tetapi, hal tersebut diketahui aparat. Dari tangan YF aparat mendapati dua poket sabu.

“Satu poket dia jatuhkan ke jalan. Satunya lagi dia taruh di dalam casing handphonenya,” jelasnya.

Selain sabu, aparat juga mengamankan 1 unit handphone dan 1 unit sepeda motor. Atas perbuatannya, pelaku dikenakan Pasal 114 Ayat (1) subsider Pasal 112 Ayat (1) UU RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. “Hukumannya minimal 5 tahun penjara,” tambah Iptu Rachmawan.

Tidak berhenti sampai di situ, selang sehari kemudian unit Satresnarkoba Kutim kembali menangkap pelaku penyalahgunaan narkoba. Sabtu (3/7/2021) aparat berhasil meringkus dua orang pemuda yang ditengarai melakukan penyalahgunaan narkoba. Mereka yakni AR (18) dan WPN (21).

Iptu MP Rachmawan mengatakan, penangkapan keduanya bermula ketika aparat menerima laporan bahwa di wilayah Sangatta Selatan seringkali digunakan untuk transaksi narkoba. Mendengar itu, aparat kemudian melakukan penyelidikan.

Sabtu (3/7) sekira pukul 02.00 Wita dini hari, aparat berhasil mengamankan WPN, yang saat itu tengah mengendarai sepeda motornya di Jalan Santai, Sangatta Selatan. Kemudian WPN diperiksa dan digeledah. Dari tangannya didapat sabu 1 poket dengan berat 0,52 gram. “Pelaku sempat membuang sabu itu ke jalan,” ujar Iptu Wawan.

Ditanya mengenai asal barang haram itu. WPN mengatakan bahwa dia mendapatkannya dari rekannya yakni AR. Tak butuh waktu lama, aparat lalu mendatangi lokasi AR kemudian melakukan penangkapan.

“AR saat itu berada di rumah pondok kebun sawit, di Jalan Santai, Gunung Karet, Sangatta Selatan,” jelasnya. Kini, kedua pelaku beserta barang bukti telah diamankan di Polres Kutai Timur. (*)

Penulis: Fajri Sunaryo
Editor: Dirhanuddin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks