Isu Terkini

Hari Ini, Masjid Fathul Khoir Bontang Pilih Tetap Gelar Salat Jumat Berjemaah

masjid fathul khoir
Salat berjemaah masih tetap berlangsung di Masjid Fathul Khoir. (istimewa)

Akurasi.id, Bontang – Pemkot Bontang telah mengeluarkan surat edaran berisi imbauan kepada seluruh rumah ibadah, agar menghentikan sementara kegiatan di rumah ibadah. Imbauan tersebut tertuang dalam surat edaran bernomor 443.1/513/Kesra, yang dikeluarkan pada Selasa (24/3/20). Namun masih ada rumah ibadah yang melaksanakan kegiatan, salah satunya Masjid Fathul Khoir.

baca juga: Setelah Perum Badak LNG, Masjid di Lingkungan PT Pupuk Kaltim Juga Meniadakan Salat Berjemaah

Masjid berlokasi di Perumahan Bukit Sekatup Damai (BSD) ini masih melaksanakan salat berjemaah seperti biasanya. Bahkan rencananya, Jumat (27/3/20) besok bakal menggelar salat Jumat. Namun begitu, dari pantauan Akurasi.id, salat berjemaah di Fathul Khoir tidak banyak diikuti oleh Jemaah. Hanya terlihat sekira 3-4 baris jemaah. Menurun drastis dari kondisi normal sampai 10 baris.

Yayasan Masjid Fathul Khoir sebagai pihak pengelola masjid masih membuka pintu masjid bagi warga sekitar yang ingin salat berjemaah. Hal itu dituangkan dalam sebuah surat pengumuman yang terpajang di papan pengumuman dan pintu masuk masjid.

masjid fathul khoir
Surat pengumuman yang dipajang pihak yayasan di pintu masjid. (istimewa)

Dalam pengumuman tersebut tertuang beberapa poin. Di antaranya masjid tetap terbuka buat pilihan jemaah menunaikan ibadah salat secara aman. Meminta jemaah mengurangi kontak fisik dengan jemaah lain seperti tidak bersalaman.

Meminta jemaah yang baru datang dari luar Bontang untuk salat di rumah selama kurang lebih 14 hari. Bagi jemaah yang sedang sakit atau tidak fit untuk salat di rumah. Dan masih banyak poin-poin lainnya yang mengajak jemaah untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat, serta tetap berikhtiar ikut memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Dewan Pembina Yayasan Masjid Fathul Khoir, Shobirin membenarkan hal tersebut. Dijelaskannya, pihaknya masih memfasilitasi bagi jemaah yang mengambil pendapat bolehnya salat berjemaah di masjid di tengah kondisi wabah seperti saat ini. “Karena itu kami tidak menutup masjid sepenuhnya,” ujarnya.

Takmir pun menyediakan imam salat rawatib untuk memimpin jalannya salat 5 waktu berjemaah. Walaupun salat berjemaah tersebut hanya diikuti sedikit jemaah. Karena lebih banyak yang memilih salat di rumah.

Diakuinya, Jumat (27/3/20) hari ini, pihaknya berencana tetap menggelar salat Jumat. “Insyaallah Salat Jumat tetap ada,” ujarnya singkat saat dihubungi Akurasi.id melalui  sambungan telepon.

Sementara itu, Irsan salah satu jemaah tetap di Masjid Fathul Khoir juga mengakui masih menjalankan salat berjemaah di masjid itu. Lantaran dirinya mengambil pendapat masih dibolehkannya salat berjemaah di tengah kondisi Bontang seperti saat ini.

Menurut warga BSD itu, ia memahami status Bontang saat ini belum termasuk zona merah (red zone) sehingga masih bisa salat berjemaah. “Yang penting tetap ikhtiar untuk cegah wabah corona. Jaga jarak dengan orang lain, pulang ke rumah langsung cuci tangan,” ungkapnya. (*)

Penulis: Yusva Alam
Editor: Dirhanuddin


Tags
Show More

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close