Advetorial

Harumkan Sekolah di Nasional, Rachil Raih Juara Harapan 3 Vocal Solo

Rachil sukses meraih juara harapan 3 vocal solo pada lomba FLS2N di Tanggerang. (SD Vidatra for Akurasi.id)

Akurasi.id, Bontang – Prestasi membanggakan ditorehkan ananda Aqillah Rachil Zahrana Rustam di kancah nasional belum lama ini. Mewakili Kaltim, murid SD kelas IV asal SD Vidatra Bontang ini meraih Juara Harapan 3 Lomba Vocal Solo tingkat SD di ajang Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang diadakan di Tangerang, Provinsi Banten, pada Jumat (20/9/19) lalu.

Guru Seni sekaligus pelatih vokal SD Vidatra Bontang, Wike Salvitri mengatakan Rachil tampil menyanyikan 3 lagu, yakni lagu wajib pilihan berjudul Andai Aku Besar Nanti dari Sherina dan lagu daerah bebas Dendam Kampong asal Kaltim. Lagu wajib tambahan bertajuk Doa Anak Negeri pun juga dibawakan oleh anak ketiga dari pasangan Rustam dan Wahyu Sugiyarti ini. Rachil merupakan salah satu peserta dari 15 finalis yang lolos ke babak grand final.

Wike membeberkan, saat grand final ananda Rachil merupakan peserta yang paling kecil di antara yang lain. Katanya, finalis lainnya rata-rata duduk di bangku kelas 6 SD. Dia pun merasa bangga sebab Rachil mampu bersaing hingga meraih juara harapan 3.

“Dari 34 peserta, disaring menjadi 15 anak. Dan Rachil bisa masuk 6 besar saya merasa senang dan bangga,” tuturnya.

Rachil bersama pelatih vokal usai menerima penghargaan. (SD Vidatra for Akurasi.id)

Saat perlombaan, Wike mengaku sempat kecewa lantaran tempo lagu yang dibawakan saat tampil di atas panggung berbeda saat latihan. Dia mengungkapkan, selama latihan ananda Rachil terbiasa dengan tempo cepat. Namun dia tak menyangka saat tampil tempo lagu yang dinyanyikan menjadi lambat.

“Untungnya ananda Rachil bisa menyesuaikan saat bernyanyi,” imbuhnya.

Sebagai reward, kata Wike, sekolah memberikan penghargaan. Yakni berupa uang pembinaan. Bahkan ketika upacara bendera, prestasi ananda Rachil diumumkan dihadapkan para siswa dan guru.

Reward lainnya foto ananda Rachil dipajang melalui baliho di depan sekolah. Tujuannya agar murid lainnya jadi termotivasi untuk meraih prestasi,” terangnya.

Kepercayaan Diri Jadi Kunci Sukses

Sebelumnya, ananda Rachil sudah mengikuti beberapa ajang perlombaan yang sama dan berhasil mengantongi juara. Yakni Juara 1 Menyanyi Solo FLS2N tingkat SD se-Bontang yang diadakan di Gedung Graha Pemuda 8 Juli lalu. Lalu, dia juga meraih Juara 1 Menyanyi Solo FLS2N tingkat SD se-Kaltim pada 16 Juli lalu di Hotel Kartika Samarinda. Meski sudah sering tampil, demam panggung kerap dirasakan gadis berkulit putih ini.

“Awalnya deg-degan. Gugup karena melihat peserta yang lain suaranya bagus. Tapi ingat pesan mama harus percaya diri,” kenangnya.

Hasil jerih payah ananda Rachil membuahkan hasil. Dia membawa pulang piala, piagam, serta uang sebesar Rp 1,8 juta. Tak hanya itu, dia juga mendapat beasiswa dari provinsi senilai Rp 2,5 juta. Ke depannya, ananda Rachil berharap bisa mengembangkan bakatnya dengan mengikuti ajang lomba lagi. Bahkan, awal tahun depan gadis kelahiran Bontang, 15 Oktober 2009 silam ini akan mengikuti Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) tingkat Provinsi Kaltim. (*)

Penulis: Suci Surya Dewi
Editor: Yusuf Arafah

5/5 (3 Reviews)

Tags

Tinggalkan Komentar!

avatar

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close