HeadlineHukum & Kriminal

Gibran Dorong Kaesang Bertemu Puan Maharani Bahas Pilkada Jawa Tengah 2024

Gibran Menegaskan bahwa Pernyataan Puan Tersebut Adalah Sinyal Kuat Bagi Kaesang untuk Segera Menjalin Komunikasi

Loading

Akurasi.id – Wali Kota Solo sekaligus wakil presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka, memberikan dukungan positif terhadap pernyataan Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, yang mempertimbangkan adiknya, Kaesang Pangarep, sebagai calon gubernur untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah 2024.

Gibran menegaskan bahwa pernyataan Puan tersebut adalah sinyal kuat bagi Kaesang untuk segera menjalin komunikasi dengan Puan Maharani. “Seharusnya kalau Mbak Puan sudah ber-statement seperti itu Kaesang hari ini segera bertemu dengan Mbak Puan,” kata Gibran saat ditemui di Gedung DPRD Kota Solo, Senin, 8 Juli 2024.

Dukungan terhadap Kaesang

Gibran menyatakan bahwa ia mendukung penuh pernyataan Puan mengenai Kaesang yang dipertimbangkan sebagai bakal calon gubernur Jawa Tengah. “Saya mendukung statement Mbak Puan tadi (Kaesang menjadi salah satu yang dipertimbangkan untuk Pilkada Jawa Tengah 2024). Itu bagus,” ungkapnya.

Meski belum melihat hasil survei terbaru terkait Pilkada Jawa Tengah, Gibran menilai dukungan lisan dari Puan Maharani sebagai kekuatan yang harus segera direspons oleh Kaesang. “Kalau survei, saya memang belum lihat. Tapi kalau sudah ada dukungan secara lisan dari Mbak Puan itu saya kira itu sebuah kekuatan dan seharusnya Kaesang segera menyambut itu. Harusnya Kaesang segera bertemu Mbak Puan,” tambah Gibran.

Baca Juga  Puan Bantah Isu Gantikan Ma'ruf Demi Barter Tunda Pemilu 2024
Jasa SMK3 dan ISO

Survei dan popularitas Kaesang

Beberapa lembaga survei mencatat sejumlah tokoh favorit calon gubernur (cagub) untuk Pilkada Jawa Tengah. Salah satu nama yang mencuat adalah putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep. Survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) mencatat bahwa Kaesang meraih posisi kedua di bawah Kapolda Jawa Tengah, Inspektur Jenderal Ahmad Luthfi, dalam simulasi top of mind kandidat bakal calon Gubernur Jawa Tengah.

Baca Juga  Dudung Jadi KSAD Gantikan Andika Perkasa

Pengamat Politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio, menyatakan bahwa elektabilitas Kaesang didorong oleh faktor bapaknya, Presiden Jokowi. “Kaesang bertengger di posisi atas karena bapaknya. Kaesang harus mengakui dia besar karena bapaknya, faktor yang mendorong elektabilitas karena bapaknya,” ungkap Hendri.

Hendri juga menyoroti bahwa potensi kemunculan Kaesang dalam Pilkada Jateng akan memperkuat dinasti politik di Indonesia, yang menurutnya dapat menghalangi orang-orang terbaik untuk menjadi pemimpin. “Dampak terbesarnya adalah orang terbaik di negeri ini akan sulit menjadi pemimpin karena terhalang oleh dinasti politik ini,” tandasnya.

Dukungan dari Puan Maharani

Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, sebelumnya menyatakan bahwa partainya mempertimbangkan Kaesang Pangarep sebagai calon gubernur dalam Pilgub Jawa Tengah 2024. “Iya dong, (Kaesang) jadi salah satu pertimbangan juga,” kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 2 Juli 2024.

Baca Juga  Upacara HUT RI ke-79 Jokowi Ajak Megawati dan SBY ke IKN Nusantara

Puan tidak mempermasalahkan jika Kaesang meraih dukungan lebih tinggi dari Ketua DPD PDIP Jawa Tengah, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul, dalam survei tersebut. “Enggak apa-apa, bagus Kaesang,” ucapnya.

Menurut hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI), Kaesang Pangarep menempati posisi atas sebagai calon gubernur Jawa Tengah dengan 15,9% dukungan responden. Namun, 19,5% responden belum menentukan pilihan mereka, menunjukkan masih adanya peluang perubahan dukungan.

Gibran Rakabuming Raka berharap adiknya, Kaesang Pangarep, dapat segera menemui Puan Maharani untuk membahas kemungkinan pencalonannya sebagai gubernur Jawa Tengah dalam Pilkada 2024. Dukungan Puan dan hasil survei yang menempatkan Kaesang di posisi atas menjadi sinyal kuat untuk langkah selanjutnya dalam kancah politik Jawa Tengah.(*)

Penulis: Tama
Editor: Ani

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button