HeadlineTrending

Jusuf Kalla Soroti Pengkondisian Suara Rakyat di Pemilu 2024

Loading

Akurasi, Nasional. Jakarta, 8 Maret 2024 – Mantan Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla (JK), mengungkapkan kekhawatirannya terhadap kondisi pemilihan umum (Pemilu) 2024. Dalam sebuah diskusi yang bertajuk “Konsolidasi untuk Demokrasi Pasca Pemilu 2024: Oposisi atau Koalisi” di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia, Depok, JK menilai terdapat pengkondisian suara rakyat yang berlangsung dalam tiga fase pemilu: sebelum, selama, dan setelah pemungutan suara.

Baca Juga  Soroti Buruknya Infrastruktur di Pedalaman Kutim, Mahyunadi: Ini Jadi Ikhtiarkan Saya untuk Membenahinya

Menurut JK, penyaluran bantuan sosial (bansos) yang masif oleh pemerintah selama periode pemilu menjadi salah satu indikasi pengkondisian tersebut. JK, politikus senior yang akrab disapa, menghindari menilai langsung kebijakan tersebut, namun menekankan perlunya Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk menggunakan hak angketnya guna menginvestigasi masalah ini lebih lanjut.

Dalam pidatonya, JK mengajak semua pihak terkait untuk menyelidiki dugaan kecurangan dalam pemilu 2024. Baginya, ini bukan hanya soal menang atau kalah, melainkan bagaimana memastikan pemilu yang jujur dan adil untuk masa depan yang lebih baik. JK menegaskan bahwa jika praktik saat ini terus berlanjut, demokrasi di Indonesia akan menghadapi ancaman serius karena dapat dibeli dan dipengaruhi oleh kekuatan tertentu.

Baca Juga  Harga Cabai Kian Pedas Jelang Ramadan, DPRD Bontang: Salah Satunya Imbas Banjir

Pandangan JK mengingatkan akan pentingnya integritas dan transparansi dalam proses demokrasi. Beliau berharap agar pemilu mendatang bisa menjadi pelajaran berharga untuk memperbaiki sistem pemilu di Indonesia, sehingga demokrasi yang sejati bisa terwujud untuk kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.(*)

Jasa SMK3 dan ISO

Editor: Ani

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button