HeadlineKabar Politik

PDIP dan Demokrat Sikapi Dukungan untuk Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024

PDIP Telah Melakukan Komunikasi dengan Khofifah Namun Belum Menentukan Sikap Resmi

Loading

Jakarta, Akurasi.id – Pilgub Jawa Timur 2024 semakin mendekat dan dinamika politik terus bergulir. Dukungan partai-partai politik kepada pasangan petahana Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak kian menguat, terutama setelah Golkar secara resmi memberikan dukungan tanpa mahar politik. Namun, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Demokrat masih mempertimbangkan langkah strategis mereka dalam kontestasi ini.

PDIP: Antara Mendukung Khofifah atau Mengusung Kader Sendiri

PDIP, salah satu partai terbesar di Indonesia, masih menganalisis berbagai kemungkinan sebelum mengambil keputusan final terkait Pilgub Jatim. Menurut Juru Bicara PDIP, Chico Hakim, partainya telah melakukan komunikasi dengan Khofifah namun belum menentukan sikap resmi. “Kami ingin mendukung Ibu Khofifah, tapi hasil Pileg dan eksistensi kami di Jatim cukup besar. Kami merasa pantas ada kader partai yang meramaikan kontestasi pilkada,” kata Chico pada Minggu (9/6/2024).

Baca Juga  Hasto Kristiyanto Penuhi Panggilan KPK Terkait Kasus Harun Masiku

Chico menegaskan bahwa PDIP akan terus memantau hasil-hasil survei dan melakukan simulasi calon gubernur dan wakil gubernur untuk memastikan kandidat yang paling berpotensi memenangkan kontestasi. “Segala belum final, masih banyak pertimbangan yang dilakukan,” ujarnya. PDIP juga membuka peluang untuk berkoalisi dengan partai-partai lain, baik yang mendukung Khofifah maupun yang belum menentukan dukungan.

Demokrat: Emil Dardak Tetap Fokus Pilgub Jatim

Sementara itu, Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, merespons pernyataan Ketua DPP PDIP, Said Abdullah, yang menyebut Emil Dardak lebih cocok menjadi menteri daripada maju di Pilgub Jatim. Herzaky menegaskan bahwa urusan penunjukan menteri adalah hak prerogatif Presiden Terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto. “Saat ini, kita belum bisa memastikan siapa saja yang akan masuk dalam kabinet karena itu keputusan sepenuhnya ada pada Pak Prabowo,” ujarnya.

Baca Juga  Duet Ganjar-Mahfud Diresmikan PDIP: Persiapan Menuju Pilpres 2024
Jasa SMK3 dan ISO

Herzaky juga menegaskan bahwa Emil Dardak tetap fokus pada pencalonannya di Pilgub Jatim 2024 dan dukungan dari Partai Demokrat tetap solid. “Kami mendukung penuh Emil Dardak untuk maju dalam Pilgub Jatim. Semua keputusan strategis akan kami ambil dengan mempertimbangkan kepentingan terbaik untuk rakyat Jawa Timur,” tambahnya.

Golkar Dukung Khofifah-Emil Tanpa Mahar

Partai Golkar secara resmi memberikan dukungan kepada Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak tanpa mahar politik. Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto, menyampaikan dukungan ini di rumah dinasnya di Jakarta Selatan pada 17 Mei 2024. “Saya berterima kasih kepada DPP Partai Golkar, DPD provinsi, dan DPD kabupaten/kota. Semoga berjalan lancar. Tidak ada mahar sama sekali,” kata Khofifah saat bersilaturahmi dengan DPD Partai Golkar Jatim di Surabaya, Sabtu (8/6/2024).

Khofifah juga mengungkapkan bahwa Golkar adalah partai pertama yang memberikan dukungan setelah Partai Demokrat. “Hari ini kami datang ke Golkar sebelum ke partai lainnya. Kami mohon doanya semoga pada Pilgub 2024 berjalan lancar,” ujarnya. Khofifah menyatakan kesiapannya untuk bersinergi membangun Jawa Timur bersama Golkar dalam lima tahun ke depan.

Baca Juga  Terkait Tembok Penahan Longsor di Hotel Grand Mutiara, DPRD Minta Segera Diselesaikan

Dinamika politik Pilgub Jatim 2024 semakin menarik dengan berbagai dukungan yang diberikan kepada pasangan Khofifah-Emil. PDIP masih mempertimbangkan langkah mereka, sementara Demokrat teguh mendukung Emil Dardak. Di sisi lain, Golkar telah memberikan dukungan tanpa mahar, menunjukkan komitmen mereka untuk membangun Jawa Timur lebih baik.(*)

Penulis: Ani
Editor: Ani

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button