Headline

BUMN yang Paling Disorot oleh Jokowi: Peningkatan Kinerja dan Kontribusi Terhadap Ekonomi

Loading

Akurasi, Nasional. Jakarta, september 2023. Pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki peran yang sangat penting dalam upaya pembangunan ekonomi Indonesia. Sebagai kepala negara, Jokowi memiliki perhatian khusus terhadap BUMN tertentu yang dianggap memiliki potensi besar untuk meningkatkan kinerja dan kontribusi terhadap perekonomian nasional. Berikut adalah BUMN yang paling disorot oleh Jokowi selama masa pemerintahannya.

  1. PT Pertamina (Persero)

Pertamina adalah salah satu BUMN terbesar di Indonesia yang bergerak di sektor energi dan migas. Jokowi telah memberikan perhatian khusus terhadap Pertamina dalam upaya menjaga kedaulatan energi negara. Pada tahun 2018, Jokowi menunjuk Nicke Widyawati sebagai Direktur Utama Pertamina untuk mengawasi transformasi perusahaan ini. Transformasi ini termasuk peningkatan efisiensi operasional, investasi dalam pengembangan sumber daya energi baru, dan upaya untuk memastikan ketahanan energi nasional.

Selain itu, Pertamina juga terlibat dalam kampanye penggunaan biodiesel B30 (Bahan Bakar Nabati 30%), yang merupakan campuran 30% minyak nabati dalam bahan bakar diesel. Langkah ini adalah salah satu upaya untuk mengurangi ketergantungan pada impor minyak bumi dan menjaga keberlanjutan lingkungan.

  1. PT PLN (Persero)

Perusahaan Listrik Negara (PLN) adalah BUMN yang berperan dalam sektor kelistrikan. Jokowi memiliki perhatian khusus terhadap PLN dalam upaya untuk memastikan pasokan listrik yang andal dan terjangkau bagi seluruh rakyat Indonesia. Dalam masa pemerintahannya, Jokowi menekankan pentingnya mengembangkan infrastruktur kelistrikan di seluruh Indonesia, termasuk proyek-proyek pembangkit listrik tenaga baru terbarukan (EBT) seperti pembangkit listrik tenaga surya dan angin.

Baca Juga  Mabes Polri Klarifikasi Penghapusan Dua DPO Kasus Pembunuhan Vina Cirebon
Jasa SMK3 dan ISO

Selain itu, Jokowi juga mempromosikan program pemerintah untuk menghubungkan seluruh pulau di Indonesia dengan listrik melalui proyek “Indonesia Terang” dan “Listrik Desa”. Tujuan dari program ini adalah memberikan akses listrik kepada masyarakat di daerah terpencil dan pedesaan.

  1. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

Bank Mandiri adalah salah satu BUMN yang bergerak di sektor perbankan. Jokowi telah memberikan perhatian khusus terhadap peran Bank Mandiri dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Selama masa pemerintahannya, Jokowi menggalakkan program inklusi keuangan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan perbankan.

Bank Mandiri juga terlibat dalam mendukung UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia. Bank ini menyediakan berbagai produk dan layanan keuangan yang mendukung pertumbuhan UMKM, termasuk pembiayaan dan bantuan teknis.

  1. PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk

Garuda Indonesia adalah maskapai penerbangan nasional Indonesia yang telah mendapat perhatian khusus dari Jokowi. Meskipun Garuda Indonesia mengalami berbagai tantangan, termasuk masalah keuangan dan reputasi, Jokowi masih berkomitmen untuk membangun maskapai ini menjadi lebih kuat dan kompetitif.

Baca Juga  Presiden Jokowi Tidak Bantah Keinginan Bertemu Megawati, Dijembatani Sultan HBW

Selama masa pemerintahannya, Jokowi telah meluncurkan berbagai program pemulihan untuk mendukung industri penerbangan, terutama di tengah pandemi COVID-19. Ini termasuk insentif pajak dan restrukturisasi utang untuk maskapai penerbangan.

  1. PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III

Pelindo III adalah BUMN yang mengelola beberapa pelabuhan penting di Indonesia, termasuk Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta. Jokowi telah memberikan perhatian khusus terhadap pengembangan infrastruktur pelabuhan dalam upaya untuk meningkatkan konektivitas dan perdagangan Indonesia.

Baca Juga  Netizen Marah Gegara Cuitan 'Allahmu Lemah' Ferdinand Hutahaean

Dalam masa pemerintahannya, Pelindo III diberi tugas untuk mengembangkan Pelabuhan Patimban di Jawa Barat, yang diharapkan akan menjadi pelabuhan penting di wilayah tersebut. Proyek ini merupakan bagian dari upaya untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di Pelabuhan Tanjung Priok.

BUMN adalah aset berharga Indonesia yang memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi dan kesejahteraan rakyat. Selama masa pemerintahan Jokowi, berbagai BUMN telah menerima perhatian khusus dalam upaya untuk meningkatkan kinerja dan kontribusi terhadap perekonomian nasional. Dengan berbagai langkah dan program yang diimplementasikan, Jokowi berusaha untuk memastikan bahwa BUMN tetap menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi Indonesia. Meskipun tantangan masih ada, upaya untuk mengoptimalkan peran BUMN dalam pembangunan ekonomi terus berlanjut.(*)

Editor: Ani

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button