HeadlineKabar Politik

Terpilih Jadi PM Inggris, Keir Starmer Janjikan Pembaruan Nasional

Partai Buruh Berhasil Memperoleh Mayoritas di House of Commons dengan Melampaui Ambang Batas 326 kursi

Loading

London, Akurasi.id – Keir Starmer, Ketua Partai Buruh, terpilih sebagai Perdana Menteri Inggris setelah partainya berhasil mengalahkan Partai Konservatif dalam pemilihan umum yang berlangsung pada Kamis (4/7). Dalam pidato kemenangannya di London, Starmer berjanji untuk memulai periode “pembaruan nasional” guna membangun kembali Inggris.

“Hari ini kita memulai bab berikutnya – memulai upaya perubahan, misi pembaruan nasional dan mulai membangun kembali negara kita,” ujar Starmer, dilansir dari kantor berita AFP, Jumat (5/7/2024).

Baca Juga  Putra Gubernur Kaltara Meninggal Kecelakaan di Jakarta, Terbakatr di Mobil

Partai Buruh berhasil memperoleh mayoritas di House of Commons dengan melampaui ambang batas 326 kursi. Kemenangan ini memberikan mandat yang kuat kepada Partai Buruh untuk memimpin pemerintahan.

“Mandat seperti ini disertai dengan tanggung jawab yang besar,” kata Starmer kepada para pendukungnya, menekankan bahwa tanggung jawab tersebut akan diemban dengan serius untuk membawa perubahan yang diharapkan.

Jasa SMK3 dan ISO

Sementara itu, Rishi Sunak, pemimpin Partai Konservatif dan Perdana Menteri sebelumnya, mengakui kekalahannya. “Saya bertanggung jawab atas kekalahan tersebut,” ucap Sunak dengan penuh rasa tanggung jawab.

Baca Juga  Usai Gelar Debat Publik Pilkada, KPU Kukar Berharap Partisipasi Pemilih Semakin Meningkat

Dia menambahkan bahwa kekuasaan akan berpindah tangan secara damai dan tertib. “Hari ini, kekuasaan akan berpindah tangan secara damai dan tertib dengan niat baik semua pihak,” ujarnya.

Kekalahan ini menandai berakhirnya dominasi 14 tahun Partai Konservatif di pemerintahan Inggris. Kini, Keir Starmer diharapkan dapat menghadapi berbagai tantangan yang dihadapi Inggris, termasuk pertumbuhan ekonomi yang lesu, pelayanan publik yang kewalahan, dan tekanan finansial.

Baca Juga  Meminimalisir Pelanggaran, Bawaslu Bontang Gelar Rakor Penyusunan IKP

Dengan terpilihnya Starmer sebagai Perdana Menteri, Inggris memasuki era baru di bawah kepemimpinan Partai Buruh yang berjanji untuk membawa perubahan dan pembaruan bagi negara.(*)

Penulis: Tama
Editor: Ani

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button