HeadlineKabar Politik

Upacara HUT RI ke-79 Jokowi Ajak Megawati dan SBY ke IKN Nusantara

Upacara HUT RI Tahun Ini akan Diselenggarakan di Dua Lokasi, yaitu di IKN Nusantara dan di Istana Kepresidenan Jakarta

Loading

Akurasi.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang semua mantan presiden untuk menghadiri upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Dalam kunjungannya ke Posyandu Terintegrasi RW 02 RPTRA Taman Sawo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Selasa (11/6/2024), Jokowi menyatakan bahwa undangan ini termasuk untuk mantan presiden Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Upacara Hybrid di Dua Lokasi

Upacara HUT RI tahun ini akan diselenggarakan di dua lokasi, yaitu di IKN Nusantara dan di Istana Kepresidenan Jakarta. Presiden Jokowi menjelaskan bahwa pelaksanaan upacara di dua tempat ini merupakan bagian dari masa transisi perpindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN Nusantara. “Ya, ini kan masa transisi ya, masa transisi dari Jakarta menuju ke IKN Nusantara agar ada perjalanan menuju pindahnya itu kelihatan,” ucap Jokowi.

Baca Juga  Harga Minyak Dunia Naik Dua Kali Lipat, Jokowi Tegaskan Harga Melonjak

Persiapan Menyambut Upacara

Dalam peninjauannya, Jokowi memastikan bahwa segala persiapan sudah berjalan dengan baik. Pemerintah telah bekerja keras untuk mempersiapkan sarana dan prasarana di IKN, termasuk transportasi dan akomodasi. Presiden juga menambahkan bahwa jika tahun depan Keputusan Presiden (Keppres) mengenai perpindahan ibu kota sudah terbit, upacara HUT RI berikutnya mungkin akan sepenuhnya dilaksanakan di IKN.

Baca Juga  Luhut Binsar Pandjaitan Kembali ke Jakarta Setelah Pemulihan di Singapura

Kehadiran Tokoh Nasional

Jokowi mengungkapkan bahwa semua mantan presiden diundang untuk menghadiri upacara di IKN. “Semuanya diundang, semuanya diundang ke IKN,” tegas Jokowi. Ini merupakan langkah simbolis untuk menunjukkan keberlanjutan dan dukungan dari para pemimpin sebelumnya terhadap proyek besar ini.

Jasa SMK3 dan ISO

Dua Pusat Peringatan

Pada upacara tahun ini, Presiden Jokowi akan memimpin langsung upacara di IKN, didampingi oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Sementara itu, upacara di Istana Kepresidenan Jakarta akan dipimpin oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, didampingi oleh Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga  Belanda Minta Maaf ke RI Pasca Lakukan Kekerasan Ekstrem Selama Dekolonisasi

Dengan dilaksanakannya upacara HUT RI ke-79 di dua tempat, IKN Nusantara dan Jakarta, pemerintah ingin menegaskan komitmen terhadap proses transisi ibu kota negara. Kehadiran para mantan presiden diharapkan dapat memberikan dukungan moral dan simbolis terhadap langkah besar ini. Tahun depan, jika semua berjalan sesuai rencana, upacara HUT RI mungkin akan diadakan sepenuhnya di IKN Nusantara, menandai babak baru dalam sejarah Indonesia.(*)

Penulis: Ani
Editor: Ani

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button