Advetorial

Ikut Tanam Pohon, PT Pupuk Kaltim Dukung Pemerintah Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca

Emisi gas
Danu Wijaya, Staff Departemen Pelayanan Umum PT Pupuk Kaltim (paling kanan) dan Staff Departemen Lingkungan Hidup PT Pupuk Kaltim, Ertalina Sitorus (tengah) bersama Febtri Manik, Kabid Prasarana dan Pengembangan Wilayah Bapelitbang Bontang (paling kiri) saat menanam bibit pohon. (Yusva Alam/Akurasi.id)

Akurasi.id, Bontang – PT Pupuk Kalimantan Timur (Kaltim) terus berupaya mendukung beragam program Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang. Salah satunya dibidang lingkungan hidup (LH). Yakni turut mengikuti aksi tanam pohon yang diinisiasi Pemkot Bontang bersama Tim Gatot Kaca. Aksi tanam pohon ini berlangsung di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Pemkot Bontang, Jalan Arif Rahman Hakim, Kilometer 3, Kelurahan Belimbing, Kecamatan Bontang Barat, pada Jumat (29/11) kemarin.

Staff Departemen Lingkungan Hidup PT Pupuk Kaltim, Ertalina Sitorus dan Danu Wijaya sebagai Staff Departemen Pelayanan Umum PT Pupuk Kaltim menjelaskan, hadirnya PT Pupuk Kaltim di kegiatan ini sebagai bentuk dukungan PT Pupuk Kaltim terhadap program-program pemerintah. Khususnya upaya menurunkan emisi gas rumah kaca yang merupakan tujuan diadakannya aksi tanam pohon tersebut.

Baca juga: 42 Tahun Pupuk Kaltim, Wujudkan Ketahanan Pangan Nasional, Majukan Indonesia

Dalam aksi ini, berdasarkan kesepakan bersama, masing-masing perusahaan menyumbangkan 20 bibit pohon. Termasuk PT Pupuk Kaltim yang juga ikut menyumbangkan bibit-bibit pohon dengan karakteristik pohon bertajuk lebar dan mampu menyerap emisi dalam jumlah besar. Tak hanya bibit pohon, bentuk dukungan lainnya pun diberikan guna menyukseskan kegiatan ini. Seperti memenuhi kebutuhan tanki air, tarup, dan kursi.

“Tiap-tiap perusahaan berbeda jenis bibit yang disumbangkan. Agar lebih bervariasi,” jelas Ertalina.

Emisi gas
Ertalina Sitorus, Staff Departemen Lingkungan Hidup PT Pupuk Kaltim, mewakili PT Pupuk Kaltim menandatangi pernyataan bentuk dukungan perusahaan kepada pemerintah untuk menurunkan emisi gas rumah kaca. (Yusva Alam/Akurasi.id)

Dalam menyukseskan aksi tanam pohon ini, PT Pupuk Kaltim bekerjasama melalui tiga departemennya. Yaitu Departemen LH, Corporate Social Responsibility (CSR), dan Pelayanan Umum. Serta Koperasi Bagian Pabrik turut mendukung kegiatan tersebut.

“Tiga depertemen dilibatkan agar acara berjalan lancar,” ujar Danu.
Sementara itu, Febtri Manik, Kepala Bidang Prasarana dan Pengembangan Wilayah (Bapelitbang) Pemkot Bontang memaparkan bahwa aksi tanam pohon diadakan Tim Gatot Kaca. Tim tersebut terdiri dari Pemkot Bontang dan berbagai perusahaan yang beroperasi di Kota Taman –sebutan Bontang–.

Tim dibentuk karena menyadari Bontang dikepung industri. Semua perusahaan industri menghasilkan gas emisi. Emisi yang dihasilkan ini tentunya berdampak buruk bagi lingkungan. Solusinya Pemkot Bontang mengajak seluruh perusahaan untuk menyamakan visi.

“Kami sepakat bentuk Tim Gatot Kaca yang bertujuan menurunkan emisi gas rumah kaca,” bebernya.

Febtri menambahkan, upaya menurunkan gas emisi rumah kaca ini juga merupakan regulasi yang sudah ditetapkan pemerintah pusat melalui peraturan pemerintah (PP) dan peraturan menteri (Permen), serta edaran imbauan gubernur. Karena itu, dia berharap jangan sampai dalam menjalankan regulasi ini pemkot dan perusahaan berjalan sendiri-sendiri.

“Aksi tanam pohon ini sebagai langkah awal. Semoga menjadi pondasi yang kuat untuk peduli dan memperbaiki lingkungan hidup,” tegasnya. (adv)

Penulis: Yusva Alam
Editor: Suci Surya Dewi 

Tags
Show More

Tinggalkan Komentar!

avatar

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close