Hard News

Ini Lima Langkah Penanganan Banjir di Bontang

Ini Lima Langkah Penanganan Banjir di Bontang
Pemkot Bontang sedang melaksanakan rakor di Pendopo Rumah Jabatan Wali Kota. Rakor ini bertujuan membahas dan merumuskan solusi penanggulangan banjir. (Humas Pemkot for Akurasi.id)

Akurasi.id, Bontang – Musibah banjir yang telah melanda Bontang beberapa kali mendapat perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang. Pada Senin (10/5/19), bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta camat dan lurah se-Bontang, Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni menggelar rapat koordinasi (rakor) di Pendopo Rumah Jabatan Wali Kota.

Rakor itu bertujuan membahas dan merumuskan solusi penanggulangan banjir di Kota Taman. Dalam rapat tersebut, lima langkah penanganan banjir dirumuskan. Hal ini berdasarkan hasil analisis dari beberapa OPD serta camat dan lurah yang mengetahui keadaan wilayahnya.

Lima langkah tersebut antara lain menyusun kajian induk penanggulangan banjir yang sesuai rekomendasi Pansus Banjir DPRD Bontang dan mendesak pembangunan Bendungan Pengendali Banjir (Bendali) Suka Rahmat kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim.

Selain itu, menormalisasi semua sungai di Bontang serta membebaskan lahan untuk pembuatan polder dan turap, berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) provinsi untuk menormalisasi Sungai Guntung dan Kanibungan, dan merelokasi rumah-rumah warga yang terletak di bantaran sungai.

Rumusan hasil rakor tersebut akan dikaji lebih lanjut oleh para ahli dari berbagai bidang. “Tentunya langkah ini juga akan dibicarakan dengan ahlinya,” kata Neni.

Setelah itu, pihaknya akan membawa rumusan rakor tersebut kepada Gubernur Kaltim, Isran Noor. Harapannya pemprov dapat membantu Bontang untuk menanggulangi banjir.

Dari hasil rakor ini, penanganan banjir di Bontang diharapkan dapat ditangani. Baik dari aspek hulu maupun hilir. Solusi lainnya, Neni mengingatkan warga agar tidak membangun rumah di atas bantaran sungai dan meminta warga tidak membuang sampah sembarangan. (*)

Penulis: Bambang Al-Fatih
Editor: Ufqil Mubin

5/5 (1 Review)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar!

avatar
Back to top button
Close
Close