Advetorial

Ini Prestasi Terbaru Bontang di Bidang Akuntabilitas

RAIH PREDIKAT: Asisten Administrasi Pemerintahan Pemkot Bontang, M Bahri (dua dari kiri), menerima penghargaan predikat B dari SAKIP yang diserahkan oleh MenPAN-RB di Banjarmasin, Rabu (6/2).(Humas Pemkot)

Akurasi.id, Bontang Pemerintah Kota (Pemkot)  Bontang kembali meraih predikat B dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2018. Peringkat itu didapatkan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB). Pengharaan tersebut diterima oleh Asisten Administrasi Pemerintahan, M Bahri di Banjarmasin, Rabu (6/2) lalu.

Bahri mengaku, penghargaan itu merupakan yang ketiga kalinya didapatkan Kota Bontang. Kata dia, ini adalah hasil kerja semua perangkat daerah di lingkungan Pemkot Bontang.

“Untuk ke depannya saya sangat berharapkan agar kita semua berusaha meningkatkan kinerja kita. Saya berharap kinerja kita berorientasi pada hasil dan manfaat serta dapat membuat semua program yang ada terkoneksi,” imbuhnya.

Semua sistem dan program yang ada di Pemkot Bontang, lanjut dia, telah terintegrasi dengan baik. Dengan begitu, ke depan peringkat akuntabilitas itu akan meningkat. “Kalau ini bisa kita lakukan, mudah-mudahan tahun depan kita di peringkat BB,” harapnya.

Kata Bahri, predikat SAKIP diberikan berdasarkan amanat Peraturan Pemerintah nomor 8 tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah serta Peraturan Presiden Nomor 29 tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

Kementerian PAN-RB pada tahun 2018 telah melakukan evaluasi akuntabilitas kinerja terhadap instansi pemerintah di wilayah kabupaten/kota meliputi DKI Jakarta, Kalimantan, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Hasilnya, dari 151 pemerintah daerah di tingkat II, terdapat tujuh daerah yang meraih predikat A, 21 daerah dengan predikat BB, 70 daerah berpredikat B, 49 daerah dengan predikat CC, dan 19 daerah mendapatkan predikat C. (*)

Penulis: Hermawan
Editor: Ufqil Mubin

5/5 (1 Review)
Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar!

avatar
Back to top button
Close
Close