HeadlineIsu Terkini

Ismu: Quick Count Boleh, Data yang Sah Harus Jadi Acuan

Ismu: Quick Count Boleh, Data yang Sah Harus Jadi Acuan
Bupati Kutim Ismunandar bersama istri Encek UR Firgasih usai memberikan hak suaranya pada Pemilu 2019. (Istimewa)

Akurasi.id, Sangatta – Bupati Kutai Timur (Kutim) Ismunandar mengimbau kepada masyarakat untuk menunggu hasil resmi penghitungan pemungutan suara dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hal ini demi menjaga situasi tetap kondusif pasca pemungutan suara.

Menurut Ismunandar, walau pun hasil penghitungan suara sementara dapat diketahui dari sejumlah lembaga melalui hitung cepat atau quick count, namun dia meminta masyarakat untuk bersabar menunggu hasil resmi dari KPU tanggal 22 Mei 2019.

“Mari kita tunggu hasil penghitungan resmi dari pemerintah, kalau quick count masing-masing punya sistem yang berbeda tapi kalau untuk melihat silahkan saja, namun nanti KPU akan mengumumkan hasil penghitungan resmi tanggal 22 Mei 2019,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (18/4/19).

Pria yang akrab disapa Ismu ini mengatakan, masyarakat harus bersabar menunggu hasil yang resmi. Selain itu, dia pun berharap kepada para pendukung masing-masing pasangan calon (paslon) untuk menghormati proses hitungan resmi dan tidak saling klaim sebagai pemenang.

“Apapun hasilnya, itulah hasil pesta demokrasi yang kita laksanakan. Untuk itu kita hormati siapa pun pemenangnya (Presiden dan Wakil Presiden terpilih), siapa pun yang duduk (di kursi legislatif). Karena ini hasil bersama untuk menentukan pilihan masing-masing,” jelasnya.

Selain mengimbau langsung ke masyarakat, Ismu pun menyampaikan imbauannya melalui akun Instagram pribadinya h_ismunandar. Dalam instagramnya, Ismu meminta masyarakat agar tidak menjadikan hasil quick count (hitung cepat) pemilu sebagai acuan hasil perhitungan suara dalam pemilu.

Hal itu dinilai penting untuk mencegah hal negatif dan perpecahan di lingkungan masyarakat, karena terbawa “hawa panas” kontestasi pemilu serentak 2019.

“Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat siang dan salam sejahtera untuk seluruh masyarakat Kutai Timur. Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kutai Timur yang telah berpartisipasi aktif menyukseskan Pemilu serentak Rabu 17 April 2019 kemarin. Sebagai pemilih, petugas TPS, aparat keamanan, penyelenggara pemilu dan seluruh stakeholder lainnya,” tulis Ismu dalam akun Instagram pribadinya.

“Rangkaian pemilu belum usai, masih ada proses penghitungan suara oleh KPU. Walaupun sudah ada quick count, tapi semua harus tetap mengacu pada data yang sah. Jangan sampai hasil tak resmi perhitungan suara pemilu menimbulkan hal-hal yang tak di inginkan,” lanjut Ismu menulis.

Untuk itu, Ismu kembali mengingatkan agar seluruh elemen masyarakat sabar menanti hasil perhitungan suara dari KPU. Apapun hasil pemilu nantinya, kondusifitas dan keamanan masyarakat harus jadi yang utama.

“Masyarakat mesti menghormati dan mendahulukan progres dari perhitungan yang dilakukan oleh KPU. Siapa pun yang terpilih harus diterima dengan lapang dada. Tetap saling menghormati, menghargai, jaga persatuan dan kesatuan. Karena NKRI harga mati!!!” tambahnya.

Ismu yang memantau langsung pelaksanaan jalannya pemilu, khususnya di Kutim menyebut sejauh ini berjalan lancar dan aman. “Alhamdulillah, terima kasih kepada penyelenggara pemilu di sini, sehingga semua yang ada di wilayah kita bisa menyalurkan haknya,” tutup dia.

Penulis: Ella Ramlah
Editor: Yusuf Arafah

5/5 (4 Reviews)
Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar!

avatar
Back to top button
Close
Close