Isu Terkini

Imbas Pemberlakuan PPKM di Bontang, Wisata Mangrove Park TNK Ditutup hingga 31 Januari 2021

Imbas Pemberlakuan PPKM di Bontang, Wisata Mangrove Park TNK Ditutup hingga 31 Januari 2021
Objek wisata Bontang mangrove park TNK Bontang akan ditutup hingga 31 Januari 2021 . (Istimewa)

Imbas pemberlakuan PPKM di Bontang, wisata Mangrove Park TNK ditutup hingga 31 Januari 2021. Langkah itu sebagai upaya mencegah semakin meluasnya wabah Covid-19. Dalam kesempatan yang sama, pihak TNK juga ingin membenahi fasilitas yang ada di tempat itu.

Akurasi.id, Bontang – Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang berimbas pada berbagai kegiatan usaha dan bisnis di daerah tersebut. Tidak terkecuali objek wisata Bontang Mangrove Park Taman Nasional Kutai (TNK).

Sejak kebijakan PPKM diberlakukan, objek rekreasi yang masuk kawasan konservasi alam ini pun tutup sementara. Penutupan itu mengikuti kebijakan PPKM yang dilakukan Pemkot Bontang terhitung sejak tanggal 18 hingga 31 Januari 2021.

Baca Juga  Diklaim Turunkan 80 Persen Kasus Covid, Ini Aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Jilid 4

Penutupan Bontang Mangrove Park diakui Kepala Kantor TNK Nur Patria. Dia menyebutkan, penutupan itu dilakukan untuk mencegah terjadinya kerumunan orang yang berpotensi pada adanya penyebaran wabah Covid-19 yang semakin meluas. Sekaligus mengikut anjuran PPKM yang dikeluarkan Pemkot Bontang.

“Betul, untuk sementara (Bontang Mangrove Park) ditutup sementara, terhitung dari tanggal 18 hingga 31 Januari mendatang,” sebut Nur Patria saat dihubungi wartawan media ini melalui telepon gengamnya, Selasa (26/1/2021).

Dia menuturkan, bahwa objek wisata menjadi salah satu kawasan yang harus diberlakukan pembatasan sosial, karena selama ini tempat itu seringkali banyak mengundang kerumunan dan sulit untuk menegakkan protokol kesehatan.

“Kalau di tempat wisata, kami sulit untuk menegakkan protokol kesehatan saat berkerumun, untuk itu bagaimana kita mengantisipasi sekecil mungkin, maka opsinya penutupan,” imbuhnya.

Baca Juga  Besok, Wartawan Bontang Siap Ikuti Uji Kompetensi

Wisata Mangrove Park TNK sempat dibuka pada bulan Juni 2020 hingga awal Januari 2021, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.  Namun, akibat PPKM pihak TNK harus menutup kembali objek wisata dalam kota itu.

“Sebelum tutup, Mangrove Park TNK selalu ramai pengunjung. Bahkan mencapai ratusan orang saat libur nasional, apalagi setiap akhir pekan seperti pada Sabtu dan Minggu, biasanya selalu ramai,” katanya.

Kendati demikian, Nur Patria merasa sedikit diuntungkan dengan adanya penutupan itu. Karena selama ditutup, pihaknya terus melakukan pembenahan fasilitas yang ada. Karena  ada beberapa fasilitas yang menurutnya sudah perlu mendapatkan perbaikan.

“Selama tutup, ada nilai positif yang kami rasakan. Selain melakukan pembenahan fasilitas. Satwa-satwa yang dulunya sulit dijumpai, sekarang sudah ramai lagi. Tapi walaupun tutup, kami tetap lakukan penjagaan, itu supaya tidak ada masyarakat yang menerobos masuk sembarangan,” pungkasnya. (*)

Penulis: Rezki Jaya
Editor: Dirhanuddin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks