Isu Terkini

Izin Impor Disetop Penyebab Kelangkaan Bawang Putih

Izin Impor Disetop Penyebab Kelangkaan Bawang Putih
Wali Kota Neni saat berinteraksi dengan salah satu pedagang bawang di Pasar Sementara Rawa Indah, Selasa (7/5). (Humas Pemkot Bontang)

Akurasi.id, Bontang – Penyebab langkanya stok bawang putih di Kota Taman sejak sebelum memasuki Ramadan hingga saat ini telah diketahui. Dari hasil koordinasi Pemkot Bontang bersama Pemprov Kaltim, diketahui penyebabnya lantaran izin impor bawang putih untuk sementara disetop selama masa pilpres. Sehingga stok baik dari distributor hingga ke pedagang mengalami kelangkaan.

“Setelah masa pilpres ini, baru izin impornya kembali keluar,” kata Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni usai meninjau harga bahan pokok di Pasar Sementara Rawa Indah, Selasa (7/5).

Orang nomor satu di Bontang itu menyebut, saat ini impor bawang putih yang dilakukan Pemrov Kaltim sedang dalam proses. Menurut informasi yang diterimanya Senin (6/5 lalu, sebanyak 26 ton bawang putih sudah mendarat di Samarinda. Setelah itu baru didistribusikan ke beberapa wilayah yang ada di Kaltim, termasuk Bontang.

“Infonya sore ini (Selasa, Red.) atau besok (Rabu, Red.) sudah tiba di Bontang,” ucapnya.

Tidak hanya itu, Kamis (9/5) mendatang berdasarkan informasi, distribusi bawang putih impor ke Kaltim juga akan kembali tiba sebanyak 56 ton. Neni berharap, dengan masuknya bawang putih impor ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dan menekan kembali harga bawang di pasaran.

Terpisah, Kabag Ekonomi dan Sosial Setda Bontang, Aguswati menambahkan, untuk jumlah pasti berapa jatah bawang putih impor untuk Bontang, pihaknya masih berkoordinasi dengan Dinas Koperasi, Unit Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan, dan (Diskop-UKMP).

“Setelah bawang itu nanti datang di Bontang, akan langsung dilakukan pembagian ke pedagang,” tukasnya. (*)

Penulis: Bambang Al-Fatih
Editor: Yusva Alam

5/5 (1 Review)
Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar!

avatar
Back to top button
Close
Close