Corak

Jagokan “Kopral Siaga,” Kelurahan Berbas Tengah Juara 1 Lomba Kelurahan

Jagokan “Kopral Siaga,” Kelurahan Berbas Tengah Juara 1 Lomba Kelurahan
Lurah dan seluruh staff Kelurahan Berebas Tengah serta Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni berfoto bersama usai tahap penilaian pemaparan materi beberpa waktu lalu. (istimewa)

Akurasi.id, Bontang – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan Kelurahan Berebas Tengah, Kecamatan Bontang Selatan. Kelurahan pimpinan Muhammad Mahfuz tersebut tahun ini berhasil menyabet juara 1 lomba kelurahan di tingkat kota. Dengan total poin penilaian sebanyak 1130, Berebas Tengah berhasil mengalahkan dua pesaingnya, yakni Kelurahan Loktuan sebagai juara 2 dan Kelurahan Gunung Telihan sebagai juara 3.

Kasubbag Pembinaan Administrasi Kecamatan Kelurahan Sekretariat Daerah Pemkot Bontang, Arif Supriyadi mengatakan, tahun ini persaingan penilaian antar ketiga kelurahan tersebut cukup kompetitif. Hal ini dapat dilihat dari selisih perolehan poin yang tidak terlalu jauh antar masing-masing kelurahan.

“Penilaian sendiri terbagi menjadi tiga tahap. Pertama seleksi administrasi, kedua tahap penilaian lapangan, dan terakhir penilaian pemaparan. Selanjutnya baru dilakukan pleno penetapan untuk juaranya,” ujarnya kepada Akurasi.id, Senin (14/5).

Setelah dinyatakan menang, nantinya Berebas Tengah akan mewakili Bontang untuk lomba di tingkat provinsi. Agar bisa meraih hasil yang maksimal, Pemkot pun juga akan melakukan pendampingan dan pembinaan selama masa persiapan lomba mendatang.

“Tahap awal penilaian yaitu seleksi administrasi di tingkat provinsi pada 17 Juni mendatang. Harapan kami di tahap tersebut Bontang minimal bisa tembus di tiga besar. Sehingga di tahapan selanjutnya lebih mudah untuk bersaing dengan kabupaten/kota yang lain,” terangnya.

Terpisah, Lurah Berebas Tengah, Muhammad Mahfuz mengaku akan mempersiapkan lebih matang lagi segala kelengkapan yang dibutuhkan dalam penilaian lomba di tingkat provinsi nanti. Sehingga bisa meraih hasil maksimal dan membawa harum nama Kota Taman.

“Tentu segala kekurangan kami di tingkat kota kemarin akan kami benahi semampu kami,” tukasnya.

Sebelumnya diberitakan, salah satu strategi dan inovasi unggulan yang disiapkan Kelurahan Berebas Tengah dalam menghadapi lomba kelurahan ini adalah program “Kopral Siaga” atau Konseling Pranikah Siap Antar Jaga. Inovasi ini merupakan program bimbingan khusus kepada setiap pasangan yang akan mengajukan surat pengantar pernikahan di Kelurahan Berebas Tengah. Bimbingan khusus ini dilakukan untuk melihat kelaikan pasangan tersebut baik dari segi umur, kesehatan, maupun  hal lainnya.

“Terkadang ada pasangan yang mengajukan pengantar nikah, namun masih di bawah umur. Jika bidan yang ada di Kopral Siaga belum mengizinkan, maka tidak kami keluarkan surat pengantarnya,” tukasnya. (*)

Penulis: Bambang Al-Fatih
Editor: Yusva Alam

5/5 (2 Reviews)

Tags

Tinggalkan Komentar!

avatar

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close