HeadlineLifestyle

Jarang Dipakai, Ini 7 Kiat Agar Mobil Tetap Aman Selama di Rumah

di rumah
Ikustrasi mobil jarang dipakai. (Otosia.com)

Akurasi.id, Samarinda – Meski saat ini sebagian besar masyarakat menghabiskan waktunya di rumah bukan berarti tingkat kewaspadaan berkurang. Bagaimanapun kendaraan yang jarang dipakai akibat pembatasan sosial sebagai dampak Covid-19 tetap harus diperhatikan agar tidak mengundang tindak kejahatan.

baca juga: Fakta Lesung Pipi, Pemanis Wajah yang Bisa Hilang

Berikut beberapa persiapan keamanan yang dapat membantu mobil kesayangan lebih aman kendati hanya di rumah saja:

  1. Parkir di tempat aman

Masih banyak anggapan bahwa memarkir mobil di rumah jauh lebih aman daripada di tempat umum. Faktanya, tak sedikit kasus pencurian yang berhasil mencuri mobil dari rumah korban. Oleh karena itu, Anda wajib memastikan keamanan garasi dengan memilih material pintu garasi yang kokoh dan Anda dapat menempatkan kamera CCTV.

Jika hendak berpergian, pilih tempat yang dekat dengan pusat keramaian. Akan lebih baik jika tempat tersebut terpantau oleh kamera CCTV. Hindari untuk memilih tempat parkir yang sepi dan gelap karena akan rawan pencurian. Cara ini dapat meminimalisir peluang maling mencuri dan membawa kabur mobil Anda begitu saja.

  1. Pasang alarm dan kunci tambahan

Alarm merupakan pelindung paling umum yang wajib Anda miliki. Meski tak sedikit pencuri yang berhasil mengakali sistem alarm, namun alarm bekerja efektif dalam memperlambat aksi pencurian. Ketika mobil Anda dibuka paksa, secara otomatis alarm akan mengeluarkan suara nyaring yang dapat membuat pencuri panik.

Alarm saja belum tentu cukup, terutama jika menghadapi pencuri zaman sekarang yang sudah profesional. Disarankan untuk menggunakan kunci tambahan yang biasanya dipasang pada stir ataupun roda kendaraan. Kunci tambahan ini membuat mobil Anda akan tetap pada tempatnya, meskipun pencuri telah berhasil menyalakan mesin mobil.

  1. Tidak meninggalkan barang berharga di mobil
Baca Juga  Seluruh Nelayan Bontang Dapat Asuransi Menjadi Target DKP3 Bontang

Cara ini bertujuan untuk tidak mengundang perhatian pencuri untuk mencuri mobil Anda. Hindari untuk menyimpan banyak barang di dalam mobil Anda, jika terpaksa cobalah untuk menyembunyikan barang-barang Anda di tempat yang tidak terlihat langsung dari luar kaca mobil Anda.

  1. Lakukan double-check

Sebelum meninggalkan mobil, lakukan pengecekan ulang. Pastikan jendela dan pintu sudah tertutup rapat semua dan alarm sudah dalam kondisi menyala. Meskipun terlihat merepotkan, tetapi dengan menerapkan cara ini setiap hendak meninggalkan mobil Anda, dapat menurunkan risiko kehilangan kendaraan.

  1. Gunakan GPS

Ingin lebih aman? Disarankan untuk memasang GPS tracker, alat ini berfungsi untuk melacak jejak kendaraan dan memantau posisi mobil Anda secara real time. Seandainya jika mobil Anda hilang, Anda akan lebih mudah mengetahui posisi mobil Anda.

  1. Taruh kunci mobil jauh dari pintu masuk

Jika di rumah, jangan menaruh kunci mobil di dekat pintu masuk. Simpanlah kunci mobil pada tempat yang tak mudah dijangkau oleh pencuri, jika pencuri berhasil diam-diam memasuki rumah Anda.

  1. Asuransi

Untuk memberikan proteksi lebih pada mobil kesayangan, Anda dapat mempertimbangkan asuransi. Jika ingin memberikan perlindungan yang lebih, ada baiknya memilih perlindungan comprehensive sehingga mobil Anda akan diproteksi baik partial loss maupun total loss. (*)

Sumber: Otosia.com
Editor: Dirhanuddin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    Ok No thanks