Politik

Jelang Batas Pendaftaran, Tim Adibas Diminta Serahkan Berkas Calon Pengganti

Jelang Batas Pendaftaran, Tim Adibas Diminta Serahkan Berkas Calon Pengganti
Suasana konferensi pers KPU Bontang. (Rezki Jaya/Akurasi.id)

Akurasi.id, Bontang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bontang masih menunggu Calon Wali Kota (Cawali) yang menggantikan almarhum Adi Darma yang berdampingan dengan Basri Rase di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bontang mendatang.

Baca juga: Pencabutan Nomor Urut KPU Bontang: Neni-Joni Nomor 2, AdiBas Urutan 1

Hal tersebut dijelaskan KPU Bontang saat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama sejumlah media cetak, elektronik dan online di Kota Bontang, Selasa (6/10/20). Penggantian cawali tersebut sesuai dengan Surat KPU Republik Indonesia Nomor 789/PL.02.2-SD/06/KPU/IX/2020 Tanggal 18 september 2020 perihal pergantian calon.

“Kami memberikan batas waktu sampai Rabu 7 Oktober, 3 hari setelah melakukan verifikasi dan pemeriksaan Kesehatan, besok adalah penyerahan berkasnya,” ucap Erwin, Ketua KPU Bontang.

Musdalifah selaku Komisioner KPU Kota Bontang menjelaskan bahwa sebelumnya KPU Bontang sudah mengirim surat kepada partai pengusung pasangan calon (paslon), yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

“Kami sudah mengirim surat kepada parpol pengusung dan menanyakan apakah akan menggantikan calon, lalu mereka membalas surat kami yang berisi akan melakukan penggantian,” jelas Musdalifah.

Dasar hukum pergantian calon yang disebutkan Komisioner KPU mengacu pada PKPU Nomor 3 Tahun 2017 sebagaimana telah diubah beberapa kali, terakhir dengan PKPU Nomor 9 Tahun 2020. Dan surat edaran, KPU RI Nomor789/PL.02.2-SD/06/KPU/IX/2020 tertanggal 18 September 2020 perihal  Pergantian Calon dan Surat KPU RI Nomor: 830/PL.02.2-SD/06/KPU/IX/2020 tertanggal 28 jelang batas akhir pendaftaran.

“Setelah semua dokumen diverifikasi oleh KPU Bontang, tanggal 10 Oktober mendatang kami akan melakukan penetapan calon, kemudian KPU akan melakukan verifikasi yang calon kami nyatakan tidak memenuhi syarat, maka kami membuka pembukaan pendaftaran calon selama 3 hari lalu akan diputuskan penetapan calon wali kota dan wakil wali kota Bontang 2020,” pungkasnya. (*)

Baca Juga  Banggar DPRD Kaltim Tolak Prosedur Multi Years Contract Usulan Pemprov Kaltim

Penulis: Rezki Jaya
Editor: Suci Surya Dewi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    Ok No thanks