KesehatanLifestyle

Manfaat dan Jenis Kurma yang Ada di Indonesia

Manfaat Kurma dan Beragam Jenisnya yang Ada di Indonesia
Manfaat Kurma dan Beragam Jenisnya yang Ada di Indonesia

 

Akurasi.id, Bontang – Kurma selain rasanya yang manis, buah khas Timur Tengah ini mengandung nutrisi lengkap. Sehingga buah kecil ini mampu memberikan banyak manfaat bagi penikmatnya, terutama menjadi menu buka puasa.

Buah yang memiliki nama latin Pheonix Dactylifera ini memiliki jenis yang beragam. Setiap jenisnya memiliki rasa dan kandungan nutrisi yang berbeda. Beragam nutrisi yang terkandung di dalam buah kurma ini mampu memberikan berbagai macam manfaat untuk kesehatan kita, di antaranya:

Sebagai Sumber Energi Bagi Tubuh

Kandungan gula alami seperti glukosa, sukrosa dan fruktosa di dalam buah kurma ini dapat dijadikan sebagai sumber energi bagi tubuh kita. Selain itu kandungan mineral di dalamnya juga mampu meningkatkan stamina tubuh kita. Itulah sebabnya buah kurma sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Mencegah Anemia

Kurma merupakan sumber zat besi dan kalsium yang baik. Kedua zat tersebut sangat berperan dalam pembentukan darah. Kurma mengandung zat besi dalam jumlah yang cukup tinggi yang dapat berfungsi untuk meningkatkan kadar hemoglobin di dalam sel darah sehingga dapat mencegah terjadinya anemia.

Meningkatkan Fungsi Pencernaan dan Memperlancar BAB

Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, karena selain dapat menyehatkan tubuh kita, juga mampu memperlancar sistem pencernaan kita. Serat sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan usus besar dan mampu membantu kita yang mengalami gangguan buang air besar (BAB) seperti sembelit.

Serat yang terkandung dalam buah kurma juga dapat digunakan sebagai bahan antibiotik yang dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus sehingga mampu menjaga kesehatan perncernaan dan mencegah sembelit.

Meningkatkan Jumlah Trombosit Pasien Demam Berdarah

Buah kurma yang telah diekstrak dan menghasilkan sari kurma mengandung karbohidrat seperti manosa, galaktosa, dan xilosa yang berperan sebagai bahan penyusun granula trombosit dan berfungsi untuk meningkatkan kadar trombosit (keping darah).

Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Kalium merupakan salah satu jenis mineral yang terkandung dalam kurma dan memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan jantung serta pembuluh darah, karena kalium dapat mengatur tekanan darah, mengaktifkan kontraksi otot jantung dan stabilkan denyut jantung.

Selain kalium, dalam buah kurma juga terkandung magnesium. Magnesium merupakan salah satu mineral yang dikenal sebagai antiinflamasi (anti radang), sehingga bermanfaat ununtuk mencegah peradangan pada pembuluh darah arteri dan mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.

Disadur dari Liputan6, di dunia ini ada belasan jenis kurma yang dapat dikonsumsi. Di Indonesia sendiri hanya ada beberapa jenis kurma yang dapat kita jumpai dijual di berbagai tempat, berikut beragam jenis kurma yang ada di Indonesia:

  1. Kurma Ajwa
beragam jenis kurma di indonesia kurma ajwa
Kurma Ajwa

Kurma Ajwa jenis kurma paling mahal di antara jenis kurma di Indonesia. Kurma yang berasal dari Madinah dan punya nama lain kurma nabi ini memiliki bentuk yang padat dan keras tapi memiliki rasa yang paling enak dan nikmat. Ciri-ciri dari kurma Ajwa adalah warnanya hitam pekat, ukurannya agak besar, tidak lembab, kering, dan rasa manisnya hampir menyerupai kismis. Rata rata harga per 500gr Rp.98.000,-

Beli Kurma Ajwa :

Rp. 98.000,-/ 500gr Shopee

Rp. 98.000,-/ 500gr Tokopedia

 

  1. Kurma Lulu
beragam jenis kurma di indonesia kurma lulu
Kurma Lulu

Jenis kurma ini lebih murah dibandingkan dengan kurma Ajwa namun rasa dan bentuknya hampir sama. Kurma Lulu memiliki ukuran yang lebih kecil dari kurma Ajwa.

Beli Kurma Lulu

Rp. 37.000,-/ 1Kg Shopee

Rp. 37.000,-/ 1Kg Tokopedia

 

  1. Kurma Amer Hajj
beragam jenis kurma di indonesia kurma irak/kurma barhi
Kurma Amer Hajj Irak/Kurma Barhi

Kurma Amer Hajj atau Amir Haji ini juga berasal dari Irak dikenal dengan sebutan kurma barhi. memiliki daging yang sangat lembut dan juga tebal. Kurma Amer Hajj berasal dari Irak dan sering disebut dengan ‘welcome kurma’. Pasalnya sering diberikan untuk menyambut tamu.

Beli Kurma Amer Hajj

Rp. 45.000,-/ 1Kg Shopee

Rp. 45.000,-/ 1Kg Tokopedia

 

  1. Kurma Palmfruit
beragam jenis kurma di indonesia kurma palm fruit
Kurma Palm Fruit

Jenis kurma ini paling sering diperjualbelikan. Kurma Palmfruit berasal dari Tunisia. Ciri-ciri kurma ini memiliki bentuk yang lonjong dan panjang, memiliki warna coklat kemerahan, dan cenderung kenyal. Kurma Palmfruit juga terkenal dengan rasanya yang cukup manis.

Beli Kurma Palm Fruit

Rp. 44.000,-/ 500gr Shopee

Rp. 49.000,-/ 500gr Tokopedia

 

  1. Kurma Muda
beragam jenis kurma di indonesia kurma muda atau ruthob
Kurma Muda/Ruthob

Seperti namanya, kurma muda (kurma ruthob) memang dijual ketika belum matang. Kurma ini memiliki warna kuning gading dan memiliki tekstur agak keras. Kurma muda biasanya dimanfaatkan untuk obat kesuburan wanita, dan cocok untuk dikonsumsi kepada wanita yang sedang melakukan program hamil.

Beli Kurma Muda

Rp. 55.000,-/ 1Kg Shopee

Rp. 55.000,-/ 1Kg Tokopedia

 

Cara Memilih Kurma yang Baik

Selain nikmat disantap tanpa dimasak atau olahan lebih lanjut, biasanya buah kurma dapat dicampurkan ke dalam beberapa menu masakan atau dapat juga diolah menjadi minuman yang lebih segar dan disajikan saat menjelang bulan puasa. Mengingat banyaknya manfaat yang dihasilkan dari buah kurma menyebabkan buah ini menjadi salah satu jenis makanan yang disajikan untuk dikonsumsi, khususnya bagi umat muslim saat bulan Ramadan.

Karena itulah penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara memilih buah kurma berkualitas. Berikut beberapa tips memilih buah kurma:

  1. Jika membeli buah kurma dalam kemasan, sebaiknya periksa kemasan dengan teliti. Jangan membeli buah kurma dalam kemasan yang mengalami kerusakan.
  2. Pilihlah buah kurma yang dikemas dengan baik dan periksa tanggal kadaluarsa pada kemasan sera periksa apakah terdapat jaminan dari badan kesehatan.
  3. Kurma yang berkualitas baik umumnya memiliki selaput luar atau kulit ari yang masih utuh dan tidak rusak serta ada lubang pada kulit kurmanya.
  4. Kurma yang masih segar biasanya berwarna cokelat, merah kekuningan atau kecokelatan.
  5. Aroma buah kurma tidak aneh, pada umumnya kurma yang masih baik tidak memiliki aroma.
  6. Tekstur kurma padat dan tidak lengket saat dipegang. Jika saat dipegang buah kurma terasa lengket, patut dicurigai kurma tersebut telah dimanupulasi dengan dicampur gula merah untuk meningkatkan kemanisannya.
  7. Pastikan kurma masih terdapat batang dibagian bawahnya. Batang kurma ini menjadi tanda kurma masih segar dan juga berfungsi mempertahankan rasa manis alami dari kurma.
  8. Perhatikan guratan pada kurma. Buah kurma yang berkualitas memiliki guratan – guratan kecil. Contohnya kurma nabi, salah satu jenis yang mahal, yang memiliki guratan paling jelas. (*)

Editor: Annie

Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close