Advetorial

Juara I Renang PRSI Bontang, Siswa Asal SMA Vidatra ini Banjir Prestasi

Juara Renang
Amanda Nahidah Shofa (kiri) Siswi kelas X SMA Vidatra Berhasil meraih Juara I Bontang Open Swimming antar pelajar tingkat SD sampai SMA 2019. (Istimewa)

Akurasi.id, Bontang – Prestasi membanggakan di bidang olahraga renang diraih siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Yayasan Pendidikan Vidya Dahana Patra (YPVDP) Bontang. Dialah Amanda Nahidah Shofa. Siswa kelas X ini meraih Juara I Bontang Open Swimming antar pelajar tingkat SD sampai SMA 2019 yang digelar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Cabang Bontang, pada Minggu (17/11/19) lalu di Kenari Waterpark Bontang.

Sejak berusia 3 tahun, perempuan yang akrab disapa Amanda ini memang sudah hobi berenang. Prestasi yang diraih belum lama ini bukan pertama kali baginya. Amanda mengatakan dia sering mengikuti ajang lomba sejak duduk di bangku SD. Prestasinya di antaranya saat mengikuti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat kota pada 2013 dia meraih 2 emas untuk kategori gaya punggung dan gaya kupu-kupu. Serta meraih 2 medali perunggu berenang dengan gaya dada dan gaya bebas.

Baca Juga : Deklarasikan Sekolah Ramah Anak, Taufik: Itu Sudah Jadi Prinsip SMA Vidatra Sejak Awal

“Itu pertama kalinya saya mengikuti lomba waktu SD. Saat itu saya sekolah di SD Vidatra,” bebernya kepada Akurasi.id, Senin (18/9/19).

Setahun kemudian, Amanda mengikuti ajang yang sama. Perempuan  kelahiran Bontang, 13 Juli 2004 ini kembali mengikuti lomba berenang O2SN tingkat Bontang dan berhasil meraih 2 perak untuk gaya punggung dan gaya kupu-kupu. Serta meraih 2 perunggu kategori gaya dada dan gaya bebas.

Saat duduk dibangku SMP, Amanda meninggalkan Bontang karena mengikuti kedua orangtuanya yang harus pindah ke Pulau Jawa. Saat bersekolah di SMP Maryam Surabaya, lantas tak membuat anak sulung dari pasangan Boeddy Santoso (almarhum) dan Zahroh Dini ini berhenti mengukir prestasi. Di sana dia berhasil meraih Juara 3 Piala KONI Lomba Berenang Estafet Gaya Ganti pada 2017. Selain itu, pada 2018 dia juga meraih Juara 3 ajang Walikota Cup Lomba Berenang Estafet Gaya Ganti.

“Saat saya kelas 3 SMP saya pindah ke Bontang lagi dan masuk di SMP Vidatra. Saya kembali ikut lomba yang diadakan di Kenari Waterpark dan meraih Juara 1 berenang gaya bebas,” ucap gadis yang tinggal di kompleks perumahan BTN-KCY, Bontang Utara ini.

Juara Renang
Meraih juara 1 Amanda menerima hadiah piagam emas, sertifikat, dan uang tunai.(Istimewa)

Prestasi yang diraih Amanda merupakan buah hasil upaya dan kerja kerasnya selama ini. Setiap Senin sampai Sabtu mulai pukul 16.30-18.00 Wita, dia selalu meluangkan waktu untuk melatih kemampuan berenangnya di Pesut Swimming Club. Apalagi, sebelum lomba dia terus memantabkan diri bersama sang pelatih, Edi dari Pesut Swimming Club.

“Lomba yang diadakan PRSI Bontang kemarin saya latihan selama sebulan full. Jadi latihan basket saya stop sementara,” jelasnya.

Amanda berharap ke depannya Bontang memiliki kolam renang khusus atlet. Bahkan, dia juga ingin pemerintah kota Bontang lebih memperhatikan atlet-atlet renang dengan memberikan bonus lebih. Tujuannya agar para atlet lebih bersemangat lagi.

“Kalau bisa bonus atlet ditambah lagi supaya teman-teman lebih semangat,” pungkasnya. (adv)

Editor: Suci Surya Dewi

Tags
Show More

Tinggalkan Komentar!

avatar

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close