HeadlineIsu Terkini

Kabar Baik, 10 Pasien Positif di Kaltim Dinyatakan Sembuh Usai Swab 2 Kali

10 sembuh
Ilustrasi. (ist)

Akurasi.id, Samarinda – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim kembali merilis informasi terbaru Covid-19. Terdapat 10 kasus terkonfirmasi sembuh pada Kamis (21/5/20). Sehingga total pasien sembuh di Kaltim mencapai 96 kasus.

baca juga: Kabar Baik!! Hasil Rapid Test Terhadap 82 Pedagang dan Warga Kelurahan Selili Samarinda Negatif

Kabar baik tersebut disampaikan langsung Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Kaltim Andi Muhammad Ishak melalui video conference (vidcon) kepada awak media. Andi menjelaskan penambahan sembuh 10 kasus berasal dari 4 kabupaten dan kota. Di mana kasus sembuh terbanyak berada di Samarinda sebanyak 6 kasus.

“Pasien yang dinyatakan sembuh pertama berasal dari Kabupaten Penajam Paser Utara dengan kode PPU1 laki-laki 30 tahun. Merupakan kasus kluster Gowa yang telah dirawat di RSUD Ratu Aji Putri Botung sejak 1 April 2020,” jelasnya.

Selanjutnya pasien sembuh sembuh lainnya berasal dari Kabupaten Paser dengan kode PSR15. Pasien merupakan perempuan 22 tahun yang kontak erat dari klaster Gowayang. Sebelumnya PSR15 telah dirawat di RSUD Ratu Aji Putri Botung sejak 7 April 2020.

Dua pasien sembuh lainnya asal Balikpapan kode BPN22, perempuan 58 tahun, kasus pelaku perjalanan dari Jakarta yang telah dirawat di RST DR R Hardjanto sejak 7 April 2020. Lalu, kode BPN25 perempuan 43 tahun.

“BPN25 merupakan kasus yang telah dirawat di RSUD Kanudjoso Djatiwibowo sejak 3 April 2020,” ucapnya.

Sedangkan 6 pasien sembuh lainnya berasal dari Samarinda. Pertama kasus dengan kode SMD3 merupakan laki-laki 45 tahun merupakan pelaku perjalanan dari Jakarta dan Bogor. Pasien sebelumnya telah dirawat di RSUD AW Syahranie sejak 31 April 2020.

“Pasien sembuh asal Samarinda lainnya dengan kode SMD14, SMD12, dan SMD 30 yang merupakan laki-laki pasien sebelumnya telah dirawat di RSUD AW Syahranie,” jelasnya.

Sedangkan pasien sembuh SMD11 telah dirawat di RSUD IA Moeis. Dan pasien sembuh asal samarinda dengan kode SMD32 berjenis kelamin laki-laki 33 tahun ini merupakan kasus berasal dari kluster Gowa yang dirawat di RS Karantina.

Terakhir pasien sembuh asal Samarinda dengan kode SMD4 berusia 60 tahun, SMD11 61 tahun, SMD12 60 tahun, dan SMD 30 65 tahun. Seluruhnya berjenis kelamin laki-laki. Andi Menjelaskan seluruh pasien tersebut telah dinyatakan sembuh lantaran 2 kali hasil uji swab dinyatakan negatif.

“Seluruh kasus tersebut dinyatakan sembuh karena dari hasil laboratorium BBLK Surabaya dan Laboratorium RSUD AW Syahranie dinyatakan 2 kali swab hasil negatif,” beber Andi.

Selain itu, dari 10 pasien tersebut hasil pemeriksaan dokter penanggungjawab pelayanan yang merawat kasus konfirmasi Covid-19 tersebut menyatakan bahwa secara klinis memiliki kondisi sudah sangat baik tanpa gejala.

“Pasien sudah diperbolehkan pulang, Alhamdulillah di momen lebaran ini pasien bisa berkumpul bersama keluraganya,” pungkasnya. (*)

Penulis: Muhammad Budi Kurniawan
Editor: Suci Surya Dewi

Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close