HeadlineIsu Terkini

Kaltim Jadi Ibu Kota Negara, Hadi Mulyadi Yakinkan Siap Bekerja Keras

Kaltim Jadi Ibu Kota Negara, Hadi Mulyadi Yakinkan Pemprov Siap Bekerja Keras
Wagub Kaltim Hadi Mulyadi saat berdiskusi dengan Presiden Joko Widodo saat meninjau lokasi pembangunan IKN di Bukit Soeharto, Kukar, belum lama ini. (Istimewa)

Akurasi.id, Samarinda – Pemindahan ibu kota negara (IKN) ke Provinsi Kaltim sudah bisa dipastikan 100 persen. Hal itu menyusul pernyataan yang disampaikan Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Rabu siang (22/8/19)

Pernyataan tersebut disampaikan pria asal Aceh itu usai mengikuti rapat Rancangan Undang-Undang Pertanahan di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta Pusat.

Kepada awak media, Sofyan membeberkan, kalau Provinsi Kaltim yang terpilih sebagai lokasi baru pembangunan IKN. “Sudah diputuskan Kalimantan Timur, tapi lokasi spesifiknya belum,” ungkap dia.

Menurutnya, penentuan lokasi IKN di Kaltim akan ditentukan dalam waktu dekat. Jika hasil kajian Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Nasional (PPN/Bappenas) sudah ada yang memenuhi syarat, maka akan langsung dikunci tata kelola tanah melalui UU Pertanahan.

Kata Sofyan, UU Pertanahan akan dirampungkan dalam sebulan ke depan, atau sebelum masa jabatan anggota DPR RI yang lama purnatugas. “Begitu diputuskan di mana lokasinya kita kunci,” tegas dia.

Informasi terpilihnya tanah Benua Etam -sebutan Kaltim- sebagai lokasi IKN, juga sudah sampai ke telinga Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim Hadi Mulyadi. Orang nomor dua di Pemprov Kaltim ini begitu menyambut baik keputusan tersebut.

Dalam pesan singkatnya kepada Akurasi.id, pria yang sebelumnya menjabat sebagai anggota DPR RI itu, berujar, Kaltim pada dasarnya sudah sangat siap menggantikan Jakarta sebagai pusat pemerintahan Indonesia. “Kami siap menjalankan perintah selanjutnya terkait IKN,” tulis dia melalui pesan WhatsApp-nya.

Menurut dia, dengan terpilihnya Benua Etam, maka seluruh elemen masyarakat di Kaltim siap bekerja keras menyukseskan penyelenggaraan pembangunan IKN. Semua sarana dan prasarana penunjang akan segera disiapkan Pemprov Kaltim.

“Warga Kaltim harus siap bekerja lebih keras memanfaatkan peluang positif ini,” tulis Hadi mengajak masyarakat Kaltim bahu membahu membangun IKN. “Warga Kaltim patut bangga dan bersyukur atas keputusan ini,” tambahnya.

Kepada media ini, Hadi berpesan, agar masyarakat selalu berpikir positif terhadap pembangunan IKN. Namun dia meyakini, pembangunan IKN akan membawa dampak yang baik bagi Kaltim ke depannya. “Pasti ada dampak positif dan negatif (dari suatu pembangunan),” tandasnya. (*)

Penulis/Editor: Yusuf Arafah

5/5 (3 Reviews)
Tags

Tinggalkan Komentar!

avatar

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close