Hard NewsHeadline

Kebakaran Hebat Melanda Sangatta, Belasan Rumah Terbakar

Kebakaran Hebat Melanda Sangatta, Belasan Rumah Terbakar
Api melahap puluhan rumah di Gang Tepian, Sangatta, Kutai Timur. (Ella Ramlah/Akurasi.id)

Akurasi.id, Sangatta – Pada Senin (27/5/2019) malam sekira pukul 21.00 Wita, kebakaran hebat melanda areal pemukiman padat penduduk di Gang Tepian 2, RT 47, Jalan Yos Sudarso I, Sangatta Utara, Kutai Timur (Kutim).

Para petugas berusaha memadamkan api. Lima unit mobil pemadam dari Dinas Pemadam Kebaran (PMK) Kutim dan dua unit mobil tangki diturunkan di lokasi kejadian untuk menjinakkan api.

Petugas pemadam kebakarakan kesulitan memadamkan api. Penyebabnya, banyak warga berkerumun di Gang Tepian. Meski begitu, sebagian warga ikut membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Akurasi.id, sumber api berasal dari rumah warga yang merupakan ketua RT 47 Gang Tepian, Suriansyah. Api berasal dari ruang depan rumah miliknya. Saat kejadian tersebut istri ketua RT masih di dalam rumah. Saat Suriansyah melihat api membesar, dia berteriak meminta istrinya keluar dari rumah.

“Posisi saya masih di masjid dan dari luar. Tiba-tiba sudah terlihat api di ruang depan rumah saya. Sementara istri saya ada di dalam rumah. Saya berteriak memanggil istri saya keluar lewat belakang rumah,” kata Suriansyah.

Peristiwa tersebut sontak mengejutkan seluruh warga di Gang Tepian. Warga berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan barang berharga miliknya.

Bupati Kutim, Ismunandar, ikut memantau dan memberikan instruksi kepada petugas di lapangan. Dia berharap proses evakuasi korban kebakaran dapat dilakukan dengan cepat.

Kebakaran Hebat Melanda Sangatta, Belasan Rumah Terbakar
Bupati Kutai Timur Ismunandar saat turun ke TKP memantau peristiwa kebakaran (Istimewa)

Ismu juga meminta tim medis memberikan pertolongan pertama kepada korban. “Semua bekerja dengan sigap dan cepat agar semua bisa cepat dan aman dalam penanganan,” ujarnya.

Kebakaran ini mengakibatkan sekira 12 unit rumah terbakar. Sejauh ini belum diketahui korban jiwa dalam musibah tersebut. Sementara nilai kerugian materi ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Penyebab kebakaran puluhan rumah warga yang umumnya rumah kayu tersebut masih didalami pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Sangatta. (*)

Penulis: Ella Ramlah
Editor: Ufqil Mubin

5/5 (2 Reviews)

Tags

Tinggalkan Komentar!

avatar

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close