Corak

Kopral Siaga, Program Unggulan Berebas Tengah di Lomba Kelurahan

Kopral Siaga, Program Unggulan Berebas Tengah di Lomba Kelurahan
Aparat Kelurahan Berebas Tengah saat mendampingi tim penilai tingkat kota melakukan penilaian lomba kelurahan, Kamis (25/4).(istimewa)

Akurasi.id, Bontang – Dalam rangka mempersiapkan diri mengikuti lomba kelurahan di tingkat kota, Kelurahan Berebas Tengah, Kecamatan Bontang Selatan saat ini tengah merancang sejumlah strategi dan inovasi.

Selain mempersiapkan administrasi yang bakal menjadi bahan penilaian, kelurahan yang dinahkodai Muhammad Mahfuz itu bersiap menelurkan delapan inovasi. Dari delapan inovasi yang disiapkan, terdapat satu inovasi yang diunggulkan. Yakni Kopral Siaga atau Konseling Pranikah Siap Antar Jaga.

Lurah Mahfudz mengatakan, Kopral Siaga merupakan program bimbingan khusus kepada setiap pasangan yang akan mengajukan surat pengantar pernikahan di Kelurahan Berebas Tengah. Sehingga nantinya, pasangan yang akan menikah sudah dinyatakan laik baik dari segi umur, kesehatan, maupun  hal lainnya.

“Terkadang ada pasangan yang mengajukan pengantar nikah, namun masih di bawah umur. Jika bidan yang ada di Kopral Siaga belum mengizinkan, maka tidak kami keluarkan surat pengantarnya,” tuturnya saat ditemui di ruangannya, Kamis (25/4).

Kopral Siaga, Program Unggulan Berebas Tengah di Lomba Kelurahan
Tampak tim penilai melakukan verifikasi berkas kelengkapan kepada aparatur kelurahan Berebas Tengah.(istimewa)

Mahfuz berharap, di perlombaan kelurahan tahun ini pihaknya bisa meraih hasil maksimal. Apalagi, segala persiapannya juga didukung penuh aparatur kelurahan maupun warga Berebas Tengah. Namun begitu, baginya mendapatkan juara hanyalah bonus, yang terpenting bagaimana bisa lebih menertibkan administrasi yang ada di kelurahan serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Lomba ini sebenarnya sekaligus ajang pembinaan dari Pemkot kepada kami yang ada di kelurahan,” tukasnya.

Sebagai informasi, tahun ini Kelurahan Berebas Tengah berhasil meraih juara 1 lomba kelurahan di tingkat Kecamatan Bontang Selatan. Usai dinyatakan menang, selanjutnya Kelurahan Berebas Tengah akan berlaga kembali di tingkat kota bersaing dengan Kelurahan Loktuan sebagai jawara di tingkat Kecamatan Bontang Utara dan Kelurahan Telihan di tingkat Bontang Barat. (*)

Penulis: Bambang Al-Fatih
Editor: Yusva Alam

4/5 (2 Reviews)

Tags

Tinggalkan Komentar!

avatar

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close