Politik

KPU Bontang Gelar Simulasi Protokol Kesehatan Jelang Pencoblosan

KPU Bontang Gelar Simulasi Protokol Kesehatan Jelang Pencoblosan
KPU Bontang gelar simulasi dengan menerapkan protokol kesehatan.(Muhammad Budi Kurniawan/akurasi.id)

KPU Bontang gelar simulasi protokol kesehatan jelang pencoblosan. Tujuannya untuk menyosialisasikan kepada masyarakat agar tidak takut datang ke TPS di tengah pandemi.

Akurasi.id, Bontang – Menjelang 18 hari menuju pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bontang 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bontang menggelar simulasi terkait teknik pelaksanaan pencoblosan di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga: Sukses Gelar Debat Pamungkas, KPU Bontang Berharap Masyarakat Semakin Yakin Hadir Memilih ke TPS

Ketua KPU Bontang Erwin mengatakan, simulasi ini bertujuan agar pihaknya melihat efensiensi dan efektifitas sebagai penyelenggara dalam mematuhi protokol kesehatan.

“Hal ini upaya kami dalam mengedukasi masyarakat dalam tata cara pencoblosan yang akan dilaksanakan 9 Desember mendatang. Saya berharap teman-teman media dapat menyebarluaskan kepada masyarakat Bontang,” jelas Erwin saat hadir pada simulasi yang diadakan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 10 Kelurahan Bontang Baru, Kecamatan Bontang Utara, Sabtu (21/11/2020).

Ia menerangkan, aturan-aturan yang harus dipatuhi masyarakat selama berada di TPS, ialah menggunakan masker, dan membawa kartu identitas dan pulpen. Selain itu masyarakat harus selalu menjaga jarak dan hadir sesuai jadwal undangan formulir C pemberitahuan.

KPU Bontang Gelar Simulasi Protokol Kesehatan Jelang Pencoblosan
Ketua KPU Kota Bontang, Erwin. (Muhammad Budi Kurniawan/Akurasi.id)

“Masyarakat diharapkan hadir sesuai undangan yang kami berikan, agar saat pencoblosan, tidak terjadi penumpukan,” ucapnya.

Selain itu, Erwin menjelaskan simulasi ini juga turut mengundang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Bontang. Agar dapat menyaksikan langsung tata cara pencoblosan yang dilakukan di TPS.

“Kita hadirkan perwakilan dari PPK dan PPS, setelah ini nantinya akan diadakan bimbingan teknik (bimtek). Di mana mereka yang hadir pada hari itu dapat menjelaskan ke anggota PPK dan PPS lainnya,” terangnya.

Lanjut Erwin, adapun Alat Pelindung Diri (APD) bagi para petugas PPK dan PPS semua telah dipersiapkan disetiap TPS. Mulai dari masker, face shield, sarung tangan, handsantizer, dan penyemprotan disinfektan.

Baca Juga  Komisi III DPRD Bontang Gelar Sidak Sarpras Olahraga, Amir: Kontraktor Perhatikan Kebersihan

“Semua APD sudah siap, termasuk baju APD yang akan digunakan untuk anggota PPK dan PPS saat melayani masyarakat yang memiliki suhu tubuh di atas 37.3 derajat celcius yang sudah disiapkan tempat khusus,” jelasnya.

Erwin berharap dengan diselenggarakan simulasi tersebut, masyarakat Bontang tidak lagi khawatir terhadap penyebaran virus Corona. Lantaran KPU Bontang sudah mempersiapkan semuanya secara matang.

“Saya berharap dengan adanya informasi simulasi ini, masyarakat Bontang dipastikan akan merasa nyaman tanpa khawatir tertular virus Corona,” pungkasnya. (adv)

Penulis: Muhammad Budi Kurniawan
Editor: Suci Surya Dewi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks