Hard News

Kronologis Hangusnya 36 Kios Pedagang Pasar Segiri Pada Minggu Sore, Satu Pemadam Nyaris Terbakar

pasar segiri
Petugas pemadam saat melakukan pemadaman kios pedagang di Pasar Segiri yang terbakar pada Minggu sore (28/6/20). (Muhammad Budi Kurniawan/Akurasi.id)

Akurasi.id, Samarinda – Amukan sih jago merah terjadi di kawasan Pasar Segiri, Jalan Dr Soetomo, Samarinda Ulu, Minggu sore (28/6/2020) sekitar pukul 16.00 Wita kemarin. Dalam insiden tersebut api membakar puluhan kios pedagang, terutama kios pedagang ikan.

baca juga: 20 Unit Alat Snorkeling Dicuri di Beras Basah, Korban Rugi Rp10 Juta

Akibat kebakaran itu ratusan pedagang dan pengunjung berhamburan menyelamtakan dagangan dan diri mereka. Tak ada yang menyangka api tiba-tiba membesar ketika sebagian besar kios pedagang daging tengah tutup. Informasi diterima memang para pedagang pada saat itu mulai tutup.

Nisa (52) pemilik salah satu kios yang tak jauh dari titik api mengatakan, awal mula dia mendengar dari salah satu pedagang berteriak bahwa telah terjadi kebakaran. “Saya lagi duduk di sini tiba-tiba ada yang teriak. Api sudah besar juga,” ucapnya saat ditemui di depan kiosnya.

Ketua relawan ITC Jokis, mengatakan api baru dapat dipadamkan setelah 1 jam para pemadam dan relawan berjibaku memadamkan api. Setidaknya ada 15 unit mobil pemadam yang diterjunkan untuk membantu mengendalikan kobaran.

Sebanyak 36 kios dilaporkan terbakar dalam insident itu, lantaran kios sebagian besar berbahan kayu. Sehingga api dengan sangat cepat melahap bangunan yang berada di kawasan Pasar Pagi tersebut. Selain itu salah seorang petugas pemadam kebakaran dilaporkan terluka akibat terjatuh saat berusaha memadamkan api.

“Sempitnya akses jalan ke titik api dan banyaknya pedagang yang ingin menyelamtakan barang dagangannya menjadi kendala kami dalam memadamkan api,” ucap Jokis.

Diketahui api pertama kali berasal dari daerah tenggah sebuah kios sembako yang sudah tutup, “Kuat dugaan kebakaran terjadi lantaran adanya konsleting listrik, dan saat ini masih dalam penyelidikan kepolisian,” pungkasnya. (*)

Penulis: Muhammad Budi Kurniawan
Editor: Dirhanuddin

Tags

Leave a Reply

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close