Corak

Kuota Haji Kota Taman Bertambah, Jemaah Diberangkatkan Dua Kali

Kuota Haji Kota Taman Bertambah, Jemaah Diberangkatkan Dua Kali
Pelepasan jemaah haji Bontang di Pendopo Wali Kota Bontang. (Bambang/Akurasi.id)

Akurasi.id, Bontang – Suasana haru disertai gembira mewarnai pelepasan ratusan jemaah haji reguler di Pendopo Rumah Jabatan Wali Kota, Sabtu (20/7/19) malam. Sejak pukul 19.00 Wita, Jalan Awang Long dipadati ratusan orang yang merupakan keluarga jemaah haji.

Sehabis mengantar keluarganya, mereka berkerumun di depan pagar rumah jabatan karena tidak dapat masuk ke pendopo. Para pengantar ini hanya bisa melepas jemaah dari kejauhan. Sementara di pendopo, jemaah dikumpulkan terlebih dahulu kemudian dilepas sekira pukul 22.00 Wita menuju Asrama Haji Balikpapan.

Sulaiman Anwar, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Bontang, menuturkan, tahun ini 157 jemaah menunaikan rukun Islam tersebut. Sebanyak 145 orang diberangkatkan di gelombang kedua. Sisanya akan ikut di gelombang terakhir yang sedianya dijadwalkan 5 Agustus 2019.

“Penambahan ini dikarenakan adanya penambahan kuota haji Indonesia tahun ini sebanyak sepuluh ribu. Bontang mendapatkan jatah 14 orang. Sehingga diambilkan dari daftar antrean yang ada di bawahnya,” ungkap dia.

Meski waktu keberangkatan calon jemaah berbeda, pihaknya memastikan pelayanan akan tetap sama dengan ratusan jemaah yang telah diberangkatkan menuju Balikpapan. Pelayanan yang diberikan berupa layanan petugas, pendampingan, dan transportasi.

Setelah jemaah berada di Asrama Haji, mereka akan menjalani pemeriksaan. Kemudian Senin (22/7/19), jemaah diterbangkan di Bandara Sultan Muhammad Aji Sulaiman Balikpapan menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah.

Berdasarkan informasi yang diterima Kemenag Bontang, Mekkah dan Madinah sedang dilanda cuaca ekstrem. Karena itu Sulaiman mengimbau seluruh jemaah membawa air minum, tidak memaksakan keluar dari pondok kecuali untuk ibadah, dan jemaah disarankan tidak terpisah dari rombongan ketika bepergian.

“Semoga seluruh rangkaian ibadah haji tahun ini berjalan lancar. Dan mereka bisa kembali ke Bontang lagi dalam keadaan selamat,” harapnya. (*)

Penulis: Bambang Al-Fatih
Editor: Ufqil Mubin

Tags
Show More

Tinggalkan Komentar!

avatar

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close