DPRD Kaltim

Makmur Apresiasi Peresmian Jalan Tol, Yakin Bawa Multi Efek

Peresmian Jalan Tol
(Kedua dari kiri) Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK saat ikut mendampingi Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Balsam, Selasa (17/12/19). (Dok Humas DPRD Kaltim)

Akurasi.id, Samarinda – Peresmian Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat diapresiasi oleh Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK. Karena proyek jalan bebas hambatan tersebut sudah sejak lama dinantikan masyarakat.

Baca Juga: Berantas Peredaran Narkoba, Dewan Siap Dukung Pendanaan BNNP Kaltim

Apresiasi itu disampaikan Makmur HAPK saat ikut mendampingi Presiden Jokowi pada peresmian Jalan Tol Balsam di Ruas Jalan Tol Balsam, tepatnya di seksi Samarinda-Samboja, Selasa (17/12/19). Walau dalam perjalanannya, proyek itu banyak dapat menghadapi tantangan, namun mampu diselesaikan.

“Harus kita akui, pembangunan jalan tol ini memang tidak mudah. Ada banyak sekali permasalahan yang mengiringinya. Seperti permasalahan sengketa pembebasan lahan. Tapi apapun itu, kita semua tetap bersyukur, karena proyek ini akhirnya bisa diselesaikan,” kata dia.

Logo dprd KaltimPolitikus Partai Golkar ini mengaku, bahwa dari 5 seksi jalan tol yang dibangun, belum semuanya dapat difungsikan pada akhir Desember ini. Walau begitu, dengan telah dioperasikannya sebagian dari jalan tol itu, setidaknya menunjukkan komitmen pemerintah pusat maupun kontraktor pelaksana untuk menyelesaikan pembangunan proyek tersebut.

“Walau pun yang diresmikan belum sepenuhnya, melainkan sepanjang 58,7 kilometer (km) yang terdiri dari seksi 2, 3, dan 4. Akan tetapi itu sudah merupakan hal yang luar biasa, terlihat adanya kemajuan pembangunan infrastruktur di Kaltim,” tuturnya.

Makmur meyakini, jika Jalan Tol Balsam telah beroperasi seutuhnya pada Maret 2020 mendatang, maka geliat ekonomi di Kaltim akan meningkatkan cukup pesat nantinya. Utamanya daerah yang bersisian dengan jalan tol tersebut, yakni Samarinda, Balikpapan, dan Kutai Kartanegara (Kukar).

Selain itu, kehadiran jalan tol tersebut juga akan mempercepat dan mempermudah pelaksanaan pembangunan ibu kota negara (IKN) di Kaltim. Karena secara infrastruktur, jalan tol tersebut akan menghubungkan dengan dua kota penyangga IKN di Kaltim, yakni Samarinda dan Balikpapan.

Pada kesempatan itu, mantan bupati Berau ini juga mengapresiasi perhatian pemerintah pusat terhadap pembangunan di Kaltim. Sebagai lokasi pembangunan IKN, keberadaan jalan tol memang dinilai sudah sewajarnya. Karena dengan adanya jalan itu, maka akan semakin membuka akses antar daerah.

“Dengan adanya jalan tol ini, saya yakin akan memiliki multi flyer efek terhadap semua bidang, khususnya perekonomian masyarakat Kaltim,” ucap Makmur usai mengikuti peresmian Jalan Tol Balsam.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo dalam sambutannya menyampaikan, dengan adanya jalan tol akan memberikan kemudahan bagi pengguna jalan, sebab meningkatkan efisiensi dan percepatan distribusi orang dan barang dari Samarinda, Samboja, dan Balikpapan.

“Sisanya (ruas jalan yang belum rampung) akan diselesaikan nanti, Insyaallah selesai paling lambat April 2020. Ini adalah jalan tol pertama di Pulau Kalimantan. Tol ini juga menghubungkan dua bandara, Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto dan Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan,” sebutnya.

Jalanya peresmian Jalan Tol Balsam oleh Presiden Jokowi, turut dihadiri Menteri PUPR Mochamad Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Anggota DPR RI, Gubernur Kaltim Isran Noor, dan Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi. (*)

Penulis: Muhammad Aris
Editor: Dirhanuddin

Leave a Reply

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    Ok No thanks