DPRD Kaltim

Makmur Ingin Ada Pemerataan Pembangunan di Bidang Infrastruktur Jalan

Ketua DPRD Kaltim Makmur. (Muhammad Aris/Akurasi.id)

Akurasi.id, Samarinda – Peningkatan mutu dan kualitas pembangunan di Kaltim bakal mendapatkan perhatian serius dari Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK. Pembangunan infrastruktur jalan di daerah pedalaman adalah salah satu yang akan jadi prioritasnya.

Ketua Harian DPD Partai Golkar Kaltim ini memandang, ketika infrastruktur jalan terbangun secara baik dan merata hingga ke pelosok desa, maka peningkatan mutu ekonomi masyarakat dapat digenjot secara maksimal. Karena hasil usaha tani masyarakat bisa dengan cepat didistribusikan ke daerah lainnya.

“Infrastruktur jalan sangat dibutuhkan masyarakat. Kalau jalan enggak ada, maka enggak bisa terhubung pelayanan masyarakat,” kata dia, Kamis (3/10/19).

Dia mencotohkan, di daerah pemilihan (dapil) Bontang, Kutai Timur, dan Berau yang dia wakili, masih ada daerah yang belum terhubung secara baik infrastruktur jalannya. Sehingga pertumbuhan ekonomi masyarakat pun lambat. Dampaknya, perputaran uang pun ikut melambat.

“Yang masih jadi kebutuham dasar masyarakat adalah jalan, pendidikan, dan kesehatan. Di kampung-kampung itu, masyarakat hanya butuh itu saja,” katanya.

Jika beberapa kebutuhan dasar itu dapat dipenuhi, maka dapat dipastikan kualitas pembangunan di Kaltim akan meningkat cukup drastis. Karenanya, dia merasa cukup sepaham dengan visi dan misi yang diusung Pemprov Kaltim untuk menggenjot pembangunan di daerah pelosok.

“Memang dibutuhkan keberanian dari seorang kepala daerah untuk membuat sebuah perubahan. Perlu ada pengawasan intensif dari kepala daerah dan semua stakeholder terkait dalam menjalankan program pembangunan,” tuturnya.

Selain itu, penyelenggaraan pembangunan yang baik adalah ketika kepala daerah dan wakilnya mampu bersinergi secara baik. Begitu juga dengan stakeholder terkait lainnya yang menjadi patner kerja pemerintah, misalnya saja dengan legislatif.

“Antara kepala daerah dan wakilnya juga perlu kompak. Harus satu. Supaya visi dan misi kerja dapat dijalankan dengan baik dan maksimal,” katanya.

Makmur berharap, di periode kepemimpinannya sebagai ketua DPRD Kaltim, ada banyak pembangunan infrastruktur jalan yang bisa dia perjuangkan. Tidak hanya di dapil yang dia wakili, tetapi juga di daerah lainnya seperti di Mahakam Ulu (Mahulu) dan Kutai Barat (Kubar).

Melalui kewenangan yang dia miliki, Makmur memiliki keinginan mengawalnya secara langsung setiap aspirasi yang disampaikan masyarakat, terutama yang berkenaan dengan pembangunan infrastruktur jalan di daerah pelosok maupun yang menghubungkan antar kabupaten/kota di Kaltim.

“Saat saya jadi bupati Berau, saya membiasakan diri mengawal pembangunan sejak dari awal. Misalnya dengan mengikuti musrembang di kecamatan-kecamatan. Itu saya lakukan, supaya saya tahu apa yang jadi kebutuhan masyarakat,” tuturnya.

Kendati demikian, diakui Makmur, memang tidak mudah untuk mewujudkan pemerataan pembangunan di Kaltim. Dari sisi wilayah, Kaltim terbilang cukup luas, sedangkan dari sisi anggaran, bisa dibilang masih cukup pas-pasan saja.

“Tetapi apapun itu, tentu komitmen dan konsistensi mengawal aspirasi masyarakat tetap harus kita lakukan. Saya akan mencoba membangun sinergitas yang baik dengan pemerintah untuk mewujudkan pemerataan pembangunan di Kaltim,” tandasnya. (*)

Penulis: Muhammad Aris
Editor: Yusuf Arafah

5/5 (2 Reviews)

Tags

Tinggalkan Komentar!

avatar

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close