HeadlinePolitik

Marwan Bakal Berebut “Tiket” dengan Edi-Darlis di PDI Perjuangan

Marwan mengambil formulir bakal calon wakil bupati di DPC PDI Perjuangan Kukar. (Istimewa)
Marwan mengambil formulir bakal calon wakil bupati di DPC PDI Perjuangan Kukar. (Istimewa)

Akurasi.id, Samarinda –  Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kutai Kartanegara (Kukar) Marwan mengambil formulir bakal calon wakil bupati Kukar di Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia (DPC) Perjuangan Kukar, Rabu (11/9/19).

Selain Marwan, terdapat dua orang lainnya yang mengantongi formulir seleksi bakal calon bupati dan wakil bupati dari partai berlambang banteng moncong putih tersebut: Edi Damansyah dan Darlis Pattalongi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun media ini, pengambilan formulir di panitia seleksi bakal calon kepala daerah tersebut berakhir hari ini. Selanjutnya, setiap pengambil formulir diberikan tenggat waktu hingga 17 September 2019 untuk mengembalikan formulir beserta syarat-syarat yang telah ditentukan panitia.

Kemudian panitia akan menyerahkan berkas di DPD PDI Perjuangan Kaltim. Pengurus partai di tingkat provinsi itu akan memverifikasi kelengkapan berkas para bakal calon bupati dan wakil bupati.

Tahapan berikutnya, minimal dua orang yang lolos verifikasi berkas akan disampaikan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan. Pengurus DPP akan mengadakan wawancara dan uji elektabilitas setiap bakal calon. Terakhir, dua orang akan dipilih untuk diusung sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati Kukar.

Marwan mengaku, setelah formulir itu diambilnya dari panitia seleksi, ia akan segera mengembalikannya. “Paling tidak dua hari sudah saya kembalikan. Saya siap melengkapi syarat administratif dan syarat lainnya,” ucap Marwan.

Bakal Bangun Koalisi

Partai politik yang ingin mengusung calon bupati dan wakil bupati harus memiliki minimal sembilan kursi di parlemen. Sementara DPC PDI Perjuangan Kukar hanya mengantongi tujuh kursi di DPRD Kukar. Karena itu, partai tersebut tak dapat mengusung calon kepala daerah dan wakil kepala daerah tanpa disertai koalisi.

Di sisi lain, Partai Nasdem Kukar meraih dua kursi di parlemen. Jika dikalkulasi dengan kursi yang diperoleh PDI Perjuangan, maka dua partai tersebut dapat membangun koalisi untuk mengusung calon di Pilkada Kukar yang akan diadakan pada tahun 2020.

Marwan mengambil formulir pencalonan tersebut salah satu tujuannya sebagai langkah awal membangun koalisi dengan PDI Perjuangan Kukar. “Secara nasional kita berkoalisi. Insyaallah di daerah pasti akan mengikut,” katanya.

Optimistis Lolos Seleksi

Marwan berfoto bersama timnya setelah mengambil formulir di DPC PDI Perjuangan kukar. (Istimewa)
Marwan berfoto bersama timnya setelah mengambil formulir di DPC PDI Perjuangan kukar. (Istimewa)

Marwan mengaku akan mengikuti semua tahapan yang akan diadakan pengurus PDI Perjuangan dari tingkat daerah hingga pusat. “Saya akan mengikuti prasyarat sebagaimana yang disyaratkan PDI Perjuangan,” sebutnya.

Mantan wakil ketua DPRD Kukar ini mengaku optimis dapat merebut satu tiket calon wakil bupati dari PDI Perjuangan. Alasannya, dia bersedia berpasangan dengan siapa pun yang dipilih partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri tersebut.

“Lain misalnya saya membawa satu paket calon di PDI Perjuangan. Ini akan sulit diterima. Tapi ini saya siap dipasangkan sesuai keputusan PDI Perjuangan. Nasdem juga ada aturan partainya. Ini yang akan kita usahakan,” jelasnya.

Selain itu, Marwan akan mengikuti aturan pengusungan calon dari PDI Perjuangan. Pun demikian, lanjut dia, Partai Nasdem dan PDI Perjuangan memiliki visi dan misi yang serupa. “Makanya kita bisa bergabung di koalisi nasional,” ucapnya.

Baik Edi maupun Darlis, kata Marwan, berpotensi dipilih PDI Perjuangan untuk diusung di Pilkada Kukar. Hanya saja, dia memiliki “jurus jitu” untuk bersaing dengan dua tokoh lokal tersebut.

“Mereka orang-orang baik. Kita siap bersaing dan siap menerima apapun keputusan parta,” tutup Marwan. (*)

Penulis/Editor: Ufqil Mubin

5/5 (2 Reviews)

Tags

Tinggalkan Komentar!

avatar

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close