HeadlineIsu Terkini

Menjelang Lebaran, Bontang Lumpuh Total karena Banjir

Menjelang Lebaran, Bontang Lumpuh Total karena Banjir
Banjir yang menggenangi sebagian besar wilayah Bontang membuat kota ini lumpuh. Ironisnya, musibah ini terjadi menjelang lebaran. (Drone Bontang for Akurasi.id)

Akurasi.id, Bontang – Musibah banjir yang melanda hampir seluruh wilayah Bontang selama dua hari ini masih belum teratasi. Sejumlah wilayah yang sebelumnya tidak dilanda banjir, justru berbalik keadaannya menjadi semakin parah.

Hal ini diduga lantaran banjir kiriman dari wilayah lain. Ketinggiannya bervariasi. Terparah, bisa sampai sedada hingga seleher orang dewasa.

Akibatnya, listrik di sejumlah titik rawan harus dipadamkan Perusahaan Listrik Negara (PLN) agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Ironisnya, bencana ini terjadi saat memasuki H-1 Idulfitri 1440 Hijriah. Biasanya masyarakat bersuka cita menyambut hari kemenangan, justru warga Bontang harus dirundung duka akibat sibuk menyelamatkan diri serta peralatan rumah tangga. Sebagian warga tidak sempat mempersiapkan kebutuhan lebaran.

“Sudah enggak kefikiran mau ngurusin lebaran. Ngurusin banjir aja belum kelar-kelar. Mudahan-mudahan cepat surut. Sementara ini mau ngungsi dulu ke tempat keluarga. Besok kalau surut baru bersih-bersih rumah,” kata Wahyuningsih, salah satu warga Telihan.

Dari pantauan media ini, sejumlah hewan buas seperti ular piton ikut terbawa arus banjir dan masuk ke permukiman warga. Ada yang dievakuasi warga, TNI, dan petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) Bontang.

Terkait jumlah korban banjir, hingga kini data tersebut belum bisa dihimpun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) lantaran petugas masih sibuk mengevakuasi rumah-rumah warga.

Menjelang Lebaran, Bontang Lumpuh Total karena Banjir
Para petugas lintas instansi berusaha menyelematkan warga yang terendam banjir. Sejauh ini pemerintah telah bekerja untuk memastikan warga dapat dievakuasi dan diungsikan ke tempat yang lebih aman. (Drone Bontang for Akurasi.id)

Dikonfirmasi terkait hal ini, Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni mengaku akan segera mencari langkah terbaik untuk menanggulangi dan mengantisipasi bencana banjir ini. Selain itu, mantan Ketua DPRD Bontang itu akan kembali melihat gagasan Pansus Banjir dari DPRD Bontang.

“Salah satunya bendungan yang ada di Suka Rahmat. Kalau itu segera kita kerjakan, pasti banjir dapat kita tanggulangi secepatnya,” tukas Neni. (*)

Penulis: Bambang Al-Fatih
Editor: Ufqil Mubin

5/5 (4 Reviews)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar!

avatar
Back to top button
Close
Close