Pemkot Bontang

Neni Ingin Gerakan Pramuka Jadi Wadah Berkarya dan Pemersatu Bangsa

Neni Ingin Gerakan Pramuka Jadi Wadah Berkarya dan Pemersatu Bangsa
Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni menyematkan bintang tahunan kepada peserta gerakan pramuka pada upacara Hari Gerakan Pramuka ke-58, Rabu (14/8/19). (Hermawan/Akurasi.id)

Akurasi.id, Bontang – Pelaksanaan upacara peringatan Hari Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) ke-58 berlangsung penuh khitmat di lapangan Sekolah Dasar (SD) Vidatra, Bontang, Rabu (14/8/19). Upacara itu juga dipimpin langsung oleh Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni.

Gelaran upacara peringatan Hari Gerakan Pramuka yang digagas Pangkalan Vidatra itu, mengusung tema Peringatan 58 Tahun Gerakan Pramuka Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Hadir dalam acara itu antara lain, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Bontang Budi Supriyanto, para Mejelis Pembimbing Gerakan Pramuka (Mabigus), pengurus gugusan depan (Gudep) 02.001-02.002 Pangkalan Vidatra,  serta anggota pramuka mulai dari siaga, penggalang, dan penegak.

Dalam sambutannya, Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni menuturkan, berbagai kegiatan gerakan pramuka yang dilaksanakan di luar ruangan, dapat memperkuat keutuhan generasi bangsa dan NKRI. Karena sejak awal gerakan pramuka dirancang sebagai alat pendidikan generasi muda.

Selain itu, gerakan pramuka juga menjadi perekat setiap generasi bangsa. Dari semboyan Jiwa Muda Suka Berkarya, diharapkan dapat megukuhkan semangat persatuan dan kebangsaan dari generasi Indonesia dari saat ini hingga ke depannya. “Sehingga Pramuka diterima masyarakat di semua daerah,” ucapnya.

Perempuan yang pernah menjabat Ketua DPRD Bontang ini berujar, tujuan gerakan pramuka sangat mulia yakni mendidik generasi muda yang tangguh dan selalu melakukan hal-hal positif. Karena dari gerakan pramuka, ada banyak hal baik yang didapatkan.

Di sisi lain, norma-norma yang dihayati dalam gerakan pramuka, selalu lekat akan nilai-nilai sosial dan syarat akan norma-norma kemasyarakatan. Sehingga wajar jika semua kalangan menyukai gerakan yang diinisiasi Hamengkubuwana IX pada 9 Maret 1961 ini.

Melalui berbagai kegiatan yang diadakan setiap tahunnya, lanjut Neni, diharapkan akan semakin menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap Tanah Air. Dari gerakan pramukan, para generasi bangsa juga diharapkan akan berguna dan bermanfaat bagi pembangunan bangsa ke depannya.

“Saya berpesan kepada segenap anggota pramuka, teruslah berkreasi dan berkarya dalam wadah gerakan pramuka. Isilah waktu luang dengan kegiatan positif dan produktif,” seru perempuan yang karib disapa Bunda ini.

Dalam kesempatan itu, Neni mengingatkan, agar semua anggota pramuka selalu mengedepankan prinsip Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka. Mengingat Pramuka Indonesia adalah manusia Pancasila. “Satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan agar jaya Indonesia. Jadilah patriot yang kokoh dan mengamalkan Pancasila serta menjaga Bhinneka Tunggal Ika. Demi kejayaan NKRI,” serunya. (*)

Penulis : Hermawan
Editor: Yusuf Arafah

5/5 (2 Reviews)

Tags

Tinggalkan Komentar!

avatar

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close