Advetorial

Neni Janji Sambungkan Ribuan Jargas

Neni Janji Sambungkan Ribuan Jargas
Menteri ESDM Ignasius Jonan (tengah) melakukan penandatangan prasasti. (Hermawan/Akurasi.id)

Akurasi.id, Bontang – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meresmikan 5.005 sambungan rumah (SR) jaringan gas (jargas), Sabtu (16/2/19) lalu, di Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Kelurahan Api-Api, Kota Bontang.  Sebanyak 198 SR yang berada di rusunawa teraliri pipa jargas.

Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni menyebut, pihaknya mengapresiasi program jargas tersebut. Lewat program itu, untuk kesekian kalinya Bontang mendapat perhatian dari pemerintah pusat.

Program pemerintah yang telah direalisasikan di Kota Taman adalah pembangunan rusunawa dan konversi mesin 5 GT (gross tonage) untuk nelayan. Saat ini, di Bontang sudah 14 kelurahan yang memiliki pipa induk gas. Hanya Bontang Lestari yang belum teraliri pipa induk gas.

“Visi misi saya, semua wilayah (di Bontang) memiliki pipa induk. Kita harus menyelesaikan kurang lebih 18 ribu sambungan rumah gas,” ungkap Neni dalam sambutannya di hadapan Ignasius Jonan.

Mantan Ketua DPRD Bontang itu mengatakan, Menteri  ESDM telah berkomitmen bahwa pada 2020 mendatang, Bontang akan mendapatkan 18 ribu SR jargas. Sementara di Kaltim, akan tersambung di 200 ribu SR.

Neni Janji Sambungkan Ribuan Jargas
Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni mendampingi Menteri ESDM Ignasius Jonan saat melihat kondisi rusunawa. (Hermawan/Akurasi.id)

“Muda-mudahan harapan kita semua dapat terwujud. Dengan teralirinya 18 ribu SR jargas, maka pemerintah bisa mendeklarasikan (Bontang sebagai) satu-satunya kota di indonesia menjadi kota gas,” terangnya.

Menteri ESDM, Ignasius Jonan berkomitmen pada 2020 mendatang, pipa untuk jargas telah selesai dikerjakan pemerintah pusat. Kata dia, Bontang menjadi prioritas dalam program jargas.

“Bontang saat ini kurang dari 12 ribu. Anggaplah 13 ribu  untuk menjadi city gas. Saya berkomitmen paling lambat selesai 2020,” katanya.

Dia berharap Pemerintah Kota Bontang, Pemerintah Provinsi Kaltim, dan DPR RI mendukung program di Kementrian ESDM itu. “Kami membutuhkan dukungan untuk melaksanakan program ini,” ucapnya.

Dalam peresmian jargas itu, dilakukan penandatanganan prasasti oleh Ignasius Jonan, Wakil Gebernur Kaltim Hadi Mulyadi, Wakil Ketua MPR Mahyudin, dan anggota Komisi VII DPR RI Ihwan Datu Adam.

Selain itu, ada pula Direktur Infrastruktur Migas Alimuddin Baso, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, Ketua DPRD Bontang, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bontang, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bontang, dan perwakilan perusahaan di Bontang. (*)

Penulis: Hermawan
Editor: Ufqil Mubin

4.3/5 (3 Reviews)
Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar!

avatar
Back to top button
Close
Close