News

Berkah Ramadan, 565 Tahanan Dapat Remisi, 2 Orang Langsung Bebas

Loading

Berkah Ramadan, 565 Tahanan Dapat Remisi, 2 Orang Langsung Bebas
Kepala Lapas Kelas II A, Ilham Agung Setyawan (Muhammad Budi Kurniawan/Akurasi.id)

Berkah Ramadan, 565 tahanan dapat remisi, 2 orang langsung bebas. Mereka mendapatkan remisi tahanan karna berperilaku baik.

Akurasi.id, Samarinda – Sebanyak 565 narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Samarinda mendapatkan remisi Idulfitri 1442 H yang diperkirakan jatuh pada Kamis (13/5/2021).

Kepala Lapas Kelas II A, Ilham Agung Setyawan mengatakan dari total 842 warga binaan, 565 di antaranya mendapatkan remisi tahanan karna berperilaku baik selama masa tahanan di lapas yang berada di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Samarinda itu.

“Terkait remisi Hari Raya Idulfitri, ada 565 warga binaan yang akan diberikan remisi ini, terdiri dari 563 orang RK-1 dan 2 orang RK-2, yang RK-2 ini saat Idulfitri dinyatakan langsung bebas,” ucap Ilham.

Jasa SMK3 dan ISO

Terkait besaran remisi, Ilham menerangkan penentuan pemberian tergantung lama atau baru warga binaan yang telah menjalankan masa tahanan.

“Untuk Remisi Khusus ini sendiri tentunya berbeda-beda dengan yang lain, ada yang dapat 15 hari sampai dengan 2 bulan, yang 15 hari ini kalau dia warga binaan baru, sedangkan yang sudah lama masa tahanannya itu mendapatkan remisi tahanan 2 bulan” bebernya.

Diakuinya, saat ini Lapas kelas II A saat ini mengalami over kapasitas lebih dari 300 persen dari kapasitas yang semestinya dihuni 217 warga binaan.

Baca Juga  Lahan Pertanian Tak Meningkat, Kutim Sulit Swasembada

“Total dari Warga Binaan yang berada di Lapas Kelas II A ini sekitar 842 orang dari kapasitas yang seharusnya menampung 217 orang jadi bisa dibilang over kapasitas itu kurang lebih sebanyak 300 persen,” terangnya.

Walau demikian pihaknya tetap berusaha memberikan pelayanan kepada warga binaan meski dengan jumlah yang over itu.

“Pelayanan tetap kami jaga, dan pelatihan-pelatihan tetap kami berikan kepada warga binaan kami,” pungkasnya.(*)

Penulis: Muhammad Budi Kurniawan 

Editor: Rachman Wahid

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button