HeadlineIsu Terkini

Pasien Positif Covid-19 Kaltim Bertambah 27 Kasus, Terbanyak di Kukar dan Kutim

pasien posotif covid-19 kaltim
Pasien positif Covid-19 Kaltim mengalami ledakan 27 kasus. (Ilustrasi)

Akurasi.id, Samarinda – Jumlah pasien positif Covid-19 di Kaltim pada Jumat (8/5/20) hari ini mengalami ledakan yang luar biasa, yakni sebanyak 27 kasus. Angka itu naik drastis setelah Kamis (7/5/20) kemarin sempat kosong. Sebaran terbanyak yakni di Kutai Timur (Kutim) dan Kutai Kartanegara (Kukar), yakni masing-masing 8 kasus.

baca juga: Sebulan Berjuang, Akhirnya PDP yang Dirawat di RSUD IA Moeis Dinyatakan Sembuh

Kepastian penambahan kasus positif tersebut disampaikan langsung Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kaltim, Andi Muhammad Ishak, melalui video telekonferensi dengan awak media, petang tadi.

Andi menjelaskan, penambahan 27 kasus hari ini tersebar di 6 kabupaten/kota, dengan daerah terbanyak berada di Kabupaten Kukar dan Kabupaten Kutim.

“Penambahan pasien positif di antaranya 5 kasus berada di Samarinda, 2 kasus berada di Balikpapan, 3 kasus berada di Berau, dan 8 kasus berada di Kukar dan Kutim,” ungkapnya.

Dia menyebutkan, penambahan 27 kasus positif tersebut terbanyak merupakan dari pelaku perjalanan pada kegiatan keagamaan kegiatan Ijtima Ulama Gowa, serta kontak erat dari klaster tersebut.

“Saat ini memang Klaster Gowa masih menghantui Kaltim. Karena dari data yang kami peroleh lebih dari setengah kasus positif di Kaltim merupakan dari Klaster Gowa,” ucapnya.

Hingga sampai saat ini masih ada 197 sampel Swab yang masih menunggu diuji di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya, dan kebanyakan merupakan Swab dari pasien dalam pengawasan (PDP) Klaster Gowa.

“Saat ini memang Klaster Gowa penyumbang terbanyak kasus positif, dari itu kami dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bekerja keras melakukan tracking semaksimal mungkin untuk mendata mereka yang dari Klaster Gowa ini,” pungkasnya. (*)

Penulis: Muhammad Budi Kurniawan
Editor: Dirhanuddin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks