DPRD Bontang

Pembahasan Tatib Dirampungkan Sebelum Kegiatan Orientasi Dewan

Anggota DPRD Bontang Agus Haris mengutarakan pembahasan tatib akan dirampungkan dalam waktu dekat. (Istimewa)

Akurasi.id, Bontang – DPRD Kota Bontang saat ini terus menggodok sejumlah alat kelengkapan dewan (AKD) yang akan disahkan pada saat terbentuknya unsur pimpinan dewan definitif nantinya. Mulai dari komisi, fraksi, kelompok kerja (pokja), badan anggaran (banggar), dewan kode etik, hingga tata tertib (tatib) DPRD itu sendiri sedang dirampungkan.

Sederet perangkat dewan itu menjadi sebuah keharusan untuk dibentuk agar tugas pokok dan fungsi (tupoksi) DPRD dapat dijalankan. Utamanya tupoksi wakil rakyat sebagai legislasi. Fungsi tersebut berkaitan dengan pembentukan peraturan daerah (perda).

Ada juga fungsi anggaran, berupa kewenangan dalam hal penyusunan dan pengawasan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Selain itu, ada juga fungsi pengawasan, yakni kewenangan mengontrol pelaksanaan perda dan peraturan lainnya serta kebijakan pemerintah daerah.

Anggota DPRD Bontang Agus Haris menuturkan, pembahasan dan penyusunan tatib dewan ditarget sudah rampun sebelum kegiatan orientasi ke 25 anggota DPRD Bontang yang akan dilaksanakan pada 16-20 September 2019 di Samarinda.

“Penyusunan tatib dan AKD  lainnya, kami usahakan bisa rampung sebelum 20 September 2019. Kami ingin, anggota DPRD Bontang yang sedang mengikuti kegiatan orientasi juga bisa mengetahui apa yang menjadi tupoksi mereka di dalam tatib,” kata dia, Senin (9/9/19).

Dengan demikian, antara apa yang tertuang dalam tatib dengan hasil orientasi yang didapatkan ke 25 anggota DPRD dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kaltim juga sejalan. Sehingga pada saat pelaksanaan orientasi, para anggota DPRD Bontang sudah memahami apa yang menjadi tugas dan kewenangan mereka.

“Kami ingin, para dewan yang baru bisa mengetahui tugas, fungsi, dan kewenangannya yang diatur dalam tata tertib. Sehingga mereka sudah memahami tugas mereka sebelum dilakukan orientasi oleh lembaga yang ditunjuk gubernur,” tutur Haris.

Kegiatan orientasi anggota DPRD oleh BPSDM Kaltim diketahui, tidak hanya untuk DPRD Bontang, tetapi juga untuk seluruh anggota DPRD kabupaten/kota lainnya di Benua Etam –sebutan Kaltim. Orientasi bagi anggota DPRD Bontang sendiri dijadwalkan pada 16-20 September 2019.

“Orientasi ini sudah diatur dalam undang-undang dan peraturan terkait, sehingga harus diikuti oleh anggota DPRD, terutama anggota dewan yang baru. Orientasi ini sendiri akan dipusatkan di Samarinda. Pada 16 September mendatang, orientasi diberikan kepada anggota DPRD Bontang, Samarinda, dan Mahakam Ulu,” pungkas Haris. (*)

Penulis/Editor: Yusuf Arafah

5/5 (1 Review)
Tags

Tinggalkan Komentar!

avatar

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close