Pemkot Bontang

Pemuda dari 15 Kelurahan Ikuti Latihan Manajemen Wirausaha

Pemuda dari 15 Kelurahan Ikuti Latihan Manajemen Wirausaha
Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni berfoto bersama peserta dan narasumber. (Herman/Humas Pemkot Bontang)

Akurasi.id, Bontang – Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang terus berkomitmen mengurangi angka pengangguran di Kota Taman. Hal ini dibuktikan dengan beragam latihan yang diinisiasi pemerintah untuk pelaku usaha yang bergerak di berbagai sektor.

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disperindagkop UMKM) Bontang mengelar latihan manajemen wirausaha untuk pemuda, Senin (22/7/19).

Latihan ini diadakan di Hotel Andika, Jalan Angkasa, Nomor 66, Bontang Selatan. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama tiga hari sejak 22 Juli hingga 25 Juli 2019. Training ini diikuti 75 peserta yang diwakili setiap kelurahan di Bontang.

Latihan ini dibuka Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni. Turut hadir Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Yusran dan Ketua Panitia Pelaksana Agus Arianto.

Narasumber training ini meliputi Abdullah Hanief dan Zulkifli dari Fakultas Ekonomi Universitas Widyagama Samarinda, Kantor Pelayanan Pajak, Bank Kaltimtara Cabang Bontang, dan Bank BRI Cabang Bontang.

Dalam sambutannya, Neni menyampaikan, latihan ini sangat cocok untuk mengurangi angka pengangguran di Bontang. Menurutnya, kegiatan ini dapat menciptakan lapangan kerja baru.

“Sasarannya untuk mengurangi pengangguran dan angka kemiskinan di Kota Bontang,” ungkapnya.

Kata dia, dibutuhkan semangat dan jiwa entrepreneur untuk mengembangkan usaha. Keberadaan usaha dinilai dapat menopang roda perekonomian. Kuncinya, pelaku usaha dituntut meningkatkan omzet.

“Pelaku usaha dituntut aktif dan dibutuhkan keseriusan dalam pelatihan ini. Sehingga mendapatkan manfaat dalam mengembangkan usaha,” imbuh Neni.

Ketua Panitia Latihan Wirausaha Pemkot Bontang, Agus Arianto, mengatakan, sasaran kegiatan ini adalah pengusaha yang telah melakoni usaha selama enam bulan sampai dua tahun.

“[Peserta latihan ini adalah para] pemuda 18 tahun sampai 35 tahun dari 15 kelurahan se-Bontang. [Mereka] telah melalui tahapan seleksi dan interview,” katanya.

Dia menyebut, training ini bertujuan membentuk wirausaha muda yang memiliki mental yang tangguh dalam menghadapi persaingan di dunia usaha. Selain itu, diharapkan latihan ini dapat menyiapkan wirausaha muda yang mengembangkan usaha baru di Bontang.

“Pelaku usaha dapat menyusun proposal pengajuan pembiayaan dana hibah kementerian,” jelasnya. (*)

Penulis: Hermawan
Editor: Ufqil Mubin

Tags
Show More

Tinggalkan Komentar!

avatar

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close