Hard NewsPolitik

Pendaftaran Calon Kepala Daerah PDIP Ditutup Lebih Awal, Sembilan Nama Siap Berebut Restu Megawati

DPC PDI Perjuangan Kutim kini telah menutup proses penjaringan calon kepala daerah yang akan diseleksi untuk diusung pada Pilkada 2010. (Akurasi.id/Ella Ramlah)

Akurasi.id,  Sangatta – Meski tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kutai Timur (Kutim) pada 2020 masih cukup jauh. Namun Dewan Perwakilan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kutim sudah lebih awal menutup pintu pencalonan kepala daerah. Musababnya, di partai berlambang banteng moncong putih itu telah mendapatkan sederat nama calon kepala daerah.

Penutupan pintu pencalonan yang begitu dini, juga tidak lepas dari langkah partai besutan Megawati Soekarno putri itu pun mencuri star membuka penjaringan calon kepala kandidat yang bakal maju sebagai bupati dan wakil bupati pada Pilkada 2020.

Penjaringan yang dilakukan PDI Perjuangan, tidak hanya untuk menjaring kader di internal partai, tetapi juga membuka kesempatan kepada kader partai politik lain maupun kepada masyarakat umum. Penjarigan yang dilakukan PDI Perjuangan terbilang cukup singkat, yakni pada 2-8 September 2019.

Sederet nama dan tokoh di Kutim berlomba berebut tiket PDI Perjuangan. Nama yang mendaftar adalah nama yang tidak asing lagi, yakni Ardiansyah Sulaiman (mantan Bupati Kutim), Kinsu, Mahyunadi (mantan ketua DPRD Kutim), dan Bupati Kutim Ismunandar.

Selain itu, ada juga beberapa nama seperti  Sobirin Bagus (anggota DPRD Kutim), Mastur Jalal, dan Rusmiati. Sedangkan dari internal Partai PDI Perjuangan ada nama Agiel Suwarno selaku ketua partai dan Yusut T Silambi (anggota DPRD Kutim).

Wakil Ketua Tim Penjaringan PDI Perjuangan, Lukas Hilmuq mengatakan, pihaknya memang sudah membuka pendaftaran calon kepala daerah lebih awal untuk memberikan kesempatan seluas- luasnya kepada masyarakat yang ingin maju pada Pilkada serentak 2020.

“Siapapun boleh mendaftar. PDI Perjuangan terbuka untuk siapa saja. Tidak harus dari kader sendiri. Semakin banyak yang mendaftar maka PDI Perjuangan memiliki banyak pilihan. Kami menargetkan ada empat bakal calon yang akan diusung ke pusat nantinya,” ujar dia.

Dirinya merasa tersanjung atas antusias masyarakat yang mendaftarkan diri sebagai calon kepala daerah memalui Partai PDI Perjuangan. “Kami optimis bisa mengusulkan nama dan hasil terbaik sesuai keputusan DPP nantinya. Berkas pendaftar apabila sudah lengkap akan langsung kami kirim ke DPD untuk disaring dan diputuskan ke DPP,” imbuhnya. (*)

Penulis: Ella Ramlah
Editor: Yusuf Arafah

5/5 (1 Review)
Tags

Tinggalkan Komentar!

avatar
Back to top button
Close
Close