Politik

Pendaftaran Ulang, Dokumen Pasangan Basri-Najirah dinyatakan Lengkap dan Sah

Pendaftaran Ulang, Dokumen Pasangan Basri-Najirah dinyatakan Lengkap dan Sah
Paslon nomor urut 1 Basri Rase dan Najirah usai dinyatakan dokumen lengkap dan sah. (Rezki Jaya/Akurasi.id)

Akurasi.id, Bontang – Pasangan Calon (Paslon) Kepala Daerah Bontang bernomor urut 1 Basri Rase dan Najirah Adi Darma menyerahkan dokumen persyaratan calon pengganti dan dinyatakan telah diterima dan lolos.

Baca juga: KPU Bontang Melaksanakan Pembentukan KPPS, Butuh 2.625 Petugas

“Kita sudah menerima berkas paslon serta dokumen tersebut sudah kami verifikasi dan dinyatakan sah dan lengkap,” ucap Erwin, Ketua KPU Bontang dihadapan awak media dan disambut takbir oleh pendukung paslon nomor urut 1, Rabu (7/10/20).

Erwin juga menjelaskan usai dinyatakan lolos pendaftaran, paslon akan mengikuti tahap selanjutnya yakni pemeriksaan kesehatan. Di mana jadwal pemeriksaan kesehatan untuk paslon nomor urut 1 ini akan diadakan pada 8-9 Oktober mendatang di RSUD AM Parikesit Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar).

“Untuk besok pasangan calon pengganti akan mengikuti pemeriksaan kesehatan di RSUD AM Parikesit tenggarong. Termasuk tes Covid-19,” terang Erwin.

Setelah meninggalnya calon wali kota Adi Darma pekan lalu, terjadi perubahan formasi paslon usungan partai Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam Pilkada Bontang ini. Kini Basri Rase didorong menjadi calon wali kota menggantikan posisi Adi Darma yang sebelumnya merupakan wakil wali kota. Sementara Najirah yang merupakan istri dari almarhum Adi Darma maju meneruskan perjuangan suaminya menjadi calon wakil wali kota Bontang.

Sesuai peraturan KPU Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017, yang telah diubah beberapa kali dengan peraturan KPU Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2020, tahapan penggantian calon dilakukan dengan penyerahan dokumen pasangan para 1 sampai dengan 7 Oktober.

Sebelumnya Najirah merupakan kader dari partai PDIP, oleh karena itu yang pertama mendapat kesempatan dalam hal pergantian Adi Darma yaitu dari pihak keluarga.

Baca Juga  Komisi III DPRD Bontang Lakukan Sidak Antisipasi Banjir di Loktuan

“Setelah kami berdiskusi dan dari arahan partai, keluarga dari almarhum bersedia untuk maju, sehingga partai PDI Perjuangan bersama dengan partai PKB mengusung Ibu Najirah, dan ini juga sesuai dari aspirasi masyarakat,” jelas Maming selaku Ketua PDC PDIP Kota Bontang sekaligus ketua tim kampanye paslon nomor urut 1.

Najirah juga menjelaskan yang meyakinkan dirinya semangat untuk maju adalah untuk melanjutkan perjuangan almarhum Adi Darma yang merupakan suami dari Najirah.

“Keyakinan saya untuk maju menjadi calon wakil wali kota Bontang adalah untuk meneruskan cita-cita almarhum yaitu ingin menyejaterahkan Kota Bontang,” imbuh Najirah disusul ucapan takbir dan semangat dari para pendukungnya. (*)

Penulis: Rezki Jaya
Editor: Suci Surya Dewi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    Ok No thanks