HeadlineIsu Terkini

Penuhi Janji, Hadi Tinjau Lokasi Pembangunan Pabrik Semen di Karst

Penuhi Janji, Hadi Tinjau Lokasi Pembangunan Pabrik Semen di Karst
Wagub Kaltim Hadi Mulyadi saat bertandang ke Kutim dalam rangka kunjungan kerja ke Karst Sangkulirang-Mangkalihat. (Istimewa)

Akurasi.id, Samarinda – Janji Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim Hadi Mulyadi untuk meninjau langsung kawasan Karst Sangkulirang-Mangkalihat di Desa Sekerat, Kutai Timur (Kutim) yang diusulkan sebagai lokasi pembangunan pabrik semen tampaknya bukan sekadar janji.

Pada Senin (22/4) hari ini, rombongan orang nomor dua di Pemerintahan Benua Etam itu diketahui sedang dalam perjalanan menuju Desa Sekerat, Bengalon, Kutim. Hadi diketahui turut membawa sejumlah kepala perangkat organisasi daerah (OPD) bersamanya.

Dalam sambutannya kepada rombongan kerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim, Hadi Mulyadi menuturkan, kunjungan kerja tersebut untuk memastikan apakah usulan kawasan untuk pembangunan pabrik semen sudah sesuai prosedural.

Selain itu, melalui kunjungan kerja itu, dia ingin memastikan bahwa lokasi yang diusulkan berada di luar kawasan Karst. Termasuk untuk memastikan jika pembangunan pabrik semen yang akan dilakukan PT Kobexindo yang bekerja sama dengan investor asal Tiongkok, Hongshi Holding Group tidak merusak ekosistem lingkungan di kawasan itu.

“Melalui kunjungan kerja ini, saya ingin mendapatkan data yang real untuk pembangunan pabrik semen,” kata Hadi sebelum bertandang ke Desa Sekerat.

Pada kunjungan ini, Hadi sekaligus ingin mendengarkan suara dari masyarakat di Desa Sekerat terkait rencana pembangunan dengan nilai investasi belasan triliunan rupiah tersebut.

“Kalau (dari hasil tinjauan ini dinyatakan) tidak layak, maka tidak akan kami lanjut (usulan pembangunan pabrik semennya) Kalau layak (sesuai prosedural dan tidak memberikan dampak pada kerusakan karst dan sumber air warga), akan kita lanjutkan,” tandas Hadi Mulyadi.

Seperti diketahui, Wagub Kaltim Hadi Mulyadi berjanji kepada ratusan mahasiswa yang menggelar aksi penolakan pembangunan pabrik semen belum lama ini, jika dirinya akan mengevaluasi usulan proyek itu. Salah satunya dengan melihat langsung lokasi pembangunan pabrik semen di Desa Sekerat. (*)

Penulis: Muhammad Aris
Editor: Yusuf Arafah

5/5 (2 Reviews)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar!

avatar
Back to top button
Close
Close