HeadlineIsu Terkini

Penuhi Kekurangan, Pasangan Perseorangan Abdal-Rusmiati Serahkan 23.175 Data Dukungan

Penuhi Kekurangan, Pasangan Perseorangan Abdal-Rusmiati Serahkan 23.175 Data Dukungan
Suasana kantor KPU Kutim yang dijaga sejumlah petugas saat pasangan perseorangan bersama tim datang menyerahkan kekurangan dukungan. (Ella Ramlah/Akurasi.id)

Akurasi.id, Sangatta – Pasangan calon (paslon) perseorangan Bupati Kutai Timur (Kutim) Abdal Nanang dan Rusmiati (ABDI) mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) sekira pukul 17.00 Wita, Senin (27/7/20) lalu. Tujuannya menyerahkan kekurangan berkas dukungan untuk maju di Pemilihan Bupati (Pilbup) Kutim.

baca juga: 2002 Pendukung Calon Independen Diduga Tak Diverifikasi, Tim Gakkumdu Tingkatkan Proses Penyidikan

Kehadiran paslon perseorangan bersama sejumlah tim pemenangan Abdi ke KPU Kutim ini membawa tumpukan berkas. Di mana sebelumnya KPU Kutim dalam rapat pleno rekapitulasi hasil verifikasi faktual (verfak) belum lama ini menyatakan kekurangan 10.032 dukungan.

“Bersama tim dan simpatisan, ini berkas kami antar guna melengkapi persyaratan kekurangan KPU,” ucap Hasbullah, selaku Ketua Tim Pemenangan Calon perseorangan ABDI, Selasa (28/7/20).

Hasbullah menjelaskan dalam melakukan perbaikan kekurangan, semua timnya bekerja secara maraton. Dia menyatakan pihaknya bekerja ekstra dengan melibatkan ratusan orang untuk mengumpulkan data kekurangan. Hasbullah mengatakan bahwa kedatangan mereka kedua kalinya untuk menyerahkan berkas yang sudah diperbaiki.

“Kami berharap KPU Kutim bisa menerima dan kelengkapan ini bisa mengantarkan pasangan Abdal-Rusmiati lolos maju Pilkada 2020,” ujarnya optimis.

Menurut Hasbullah, penyerahan jumlah dukungan tambahan hingga 23.175 orang diharapkan mencukupi untuk menutup kekurangan dukungan.

“Insya Allah adanya kekurangan yang diperbaiki dan yang diminta KPU sebanyak 20.064 sudah terpenuhi. Karena sesuai dengan peraturan meminta 2 kali lipat dukungan, untuk menyakinkan kemenangan kami menyediakan lebih dari yang diminta KPU,’’ ucap Hasbullah.

Sedangkan Ketua KPU Kutim Ulfa Jamilatul Faridah menuturkan tahapan penyerahan dukungan perbaikan telah terlaksana di hari terakhir. Setelah itu, kata dia, pihaknya langsung melakukan pengecekan setelah diserahkan. Apalagi waktu pengecekan tersebut hanya berlangsung hingga 28 Juli.

“Seperti diketahui, berkas perbaikan diserahkan pada malam terakhir. Tentu langsung kami lanjutkan pengecekan. Masih ada waktu 24 jam,” ucapnya.

Ulfa memastikan semua berkas diperiksa secara maraton. Kemudian akan dilihat berapa jumlah yang dinyatakan lengkap. Jika terpenuhi, akan masuk ke tahapan verifikasi administrasi.

“Kalau sudah selesai (verifikasi administrasi, Red.), akan dilanjutkan ke tahapan verfak. Bulan depan berlangsung pada 8-20 Agustus,” paparnya.

Semua berkas yang terkumpul dipastikan akan disandingkan dengan formulir BI.I, yang terdapat data dukungan milik paslon perseorangan. Apabila hingga waktu pemeriksaan selesai ditemukan kekurangan, paslon tidak berhak melakukan perbaikan atau penambahan.

“Jika selanjutnya masih ada kekurangan, paslon tak ada kesempatan lagi untuk memperbaiki maupun menambahkan segala kekurangan,” pungkasnya. (*)

Penulis: Ella Ramlah
Editor: Suci Surya Dewi

Tags

Leave a Reply

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close