Advetorial

Peringatan Bulan K3 Resmi Ditutup, Pupuk Kaltim Ingin Budaya K3 Diterapkan Sehari-hari

Peringatan Bulan K3 Resmi Ditutup, Pupuk Kaltim Ingin Budaya K3 Diterapkan Sehari-hari
Direktur Produksi Pupuk Kaltim, Bagya Sugihartana menyerahkan hadiah kepada pemenang Best Safety Contractor 2018. (Humas Pupuk Kaltim)

Akurasi.id, Bontang – PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) resmi menutup seluruh rangkaian kegiatan peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 2019 di Cafe Hotel Equator, Rabu (20/2/2019) sore. Tak hanya dihadiri puluhan karyawan, rekanan, dan mitra kerja di lingkungan Pupuk Kaltim, kegiatan bertema “Wujudkan kemandirian masyarakat Indonesia berbudaya K3 untuk mendukung stabilitas ekonomi nasional,” ini dihadiri pula Direktur Produksi Pupuk Kaltim, Bagya Sugihartana beserta jajaran manajemen PT Pupuk Kalimantan Timur.

Ketua Panitia Bulan K3 Nasional 2019, Gatot Pramu Handoko menyampaikan, peringatan Bulan K3  Nasional 2019 ini diadakan, bertujuan untuk meningkatkan peran aktif dan memupuk kesadaran seluruh karyawan akan pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja. Sehingga target zero insiden perusahaan dapat terwujud.

“Dengan ini kami berharap dapat mempererat tali silaturahmi antar karyawan ataupun masyarakat, yang berada di ring satu dengan Pupuk Kaltim,” katanya.

Lanjut dia, kegiatan ini  bisa menjadi tambahan bekal pengetahuan kepada seluruh karyawan dan seluruh masyarakat di sekitar perusahaan. Sehingga tujuan dalam momen besar ini dapat tercapai. Selain itu, berakhirnya Bulan K3 Nasional 2019 bukan berarti kegiatan K3 berakhir pula, namun tetap diupayakan agar segala aspek K3 menjadi budaya bersama, yang akhirnya bisa melekat pada masing–masing insan di lingkungan karyawan Pupuk Kaltim, keluarga, dan masyarakat.

Peringatan Bulan K3 Resmi Ditutup, Pupuk Kaltim Ingin Budaya K3 Diterapkan Sehari-hari
Para pemenang lomba video safety dalam rangkaian Peringatan Bulan K3 Nasional 2019. (Humas Pupuk Kaltim)

Pria yang juga menjabat sebagai Manajer Manufacturing Logam JPP Pupuk Kaltim itu melaporkan, rangkaian kegiatan Bulan K3 meliputi lintas alam untuk karyawan beserta keluarga, Launching New Challenge 2019 (penurunan berat badan), demo masak sehat dengan mitra Creating Shared Value (CSV) , sosialisasi pencegahan dan penanggulangan HIV AIDS untuk masyarakat bufferzone, donor darah, survei safety culture, sosialisasi pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran, serta paparan amoniak bagi warga bufferzone, Fire Rescue Competition antar kompartemen, warga bufferzone, dan antar rekanan serta Join Venture Company (JVC), video safety, kuis K3 untuk pelajar SLTA se-Bontang, dan penghargaan the best performance safety contractor, safety champion award, launching life saving rules.

Sementara itu, Bagya Sugihartana menambahkan, Budaya K3 dapat bertumbuh dengan tujuan pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat bekerja serta terciptanya lingkungan yang aman, nyaman, dan efisien sesuai dengan tema bulan K3 nasional, yakni wujudkan kemandirian masyarakat Indonesia berbudaya K3 untuk mendukung stabilitas ekonomi nasional.

“Tema sangat tepat dan strategis, guna mendorong semua pihak agar berpartisipasi aktif dalam membudayakan K3 di tempat kerja maupun tempat tinggalnya,” ungkapnya.

Dirinya juga menyampaikan, peringatan Bulan K3 merupakan kegiatan rutin yang digelar tiap tahun. Sebagai upaya memberdayakan K3 dalam setiap aktivitas, sekaligus mendukung program pemerintah mewujudkan kemandirian masyarakat Indonesia berbudaya K3 di tahun 2020.

“Direksi dan Manajemen Pupuk Kaltim berharap penerapan K3 dilakukan di kehidupan sehari–hari. Perusahaan mengucapkan terima kasih kepada insan serta masyarakat yang terus menerus membudayakan dan mengembangkan K3,” tutupnya.

Dalam penutupan tersebut juga dilakukan pengumuman sekaligus penyerahan hadiah kepada pemenang lomba video safety dan the best performance safety contractor 2018. (adv)

Penulis: Hermawan
Editor: Yusva Alam

5/5 (2 Reviews)
Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar!

avatar
Back to top button
Close
Close