Corak

Persiapan Keberangkatan Calhaj Bontang Sudah 85 Persen

Persiapan Keberangkatan Calhaj Bontang Sudah 85 Persen
Ali Mustofa (memakai kopiah) saat mendampingi calon jamaah haji Bontang melakukan perekaman biometrik di Jakarta beberapa waktu lalu.(Istimewa)

Akurasi.id, Bontang – Keberangkatan calon jemaah haji (calhaj) reguler asal Bontang tahun ini dimulai Juli mendatang, Kemenag Bontang pun telah melakukan berbagai persiapan. Mulai dari mendampingi jemaah melakukan perekaman biometrik, penerbitan paspor, pemeriksaan kesehatan, hingga suntik vaksin meningitis. Saat ini tersisa proses penerbitan visa, pelunasan biaya haji, dan proses manasik haji.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Bontang, Ali Mustofa mengatakan, sejauh ini progres persiapan keberangkatan haji sudah berjalan 85 persen. Adapun jumlah jemaah haji yang berangkat tahun ini, masih sama seperti tahun lalu, yaitu 145 jemaah.

“Pelaksanaan manasik kami perkirakan setelah Idulfitri. Yang jelas, pelaksanaannya menunggu setelah anggaran dari Kanwil turun ke kami,” tutur Ali saat ditemui di kantornya, Selasa (23/4/2019).

Persiapan Keberangkatan Calhaj Bontang Sudah 85 Persen
Peta pemondokan jamaah haji di sekitaran Masjidil Haram. Tahun ini, jamaah haji asal Bontang akan mendapatkan pemondokan di daerah Rei Bakhsy.(Istimewa)

Ditambahkannya, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, manasik akan dilaksanakan selama delapan kali pertemuan di tingkat kecamatan, dan dua kali di tingkat kota.

Soal jadwal keberangkatan, Ali menyebut hingga saat ini pihaknya juga masih menunggu jadwal pasti keberangkatan dari pihak maskapai. Yang sudah bisa dipastikan saat ini kata dia, yaitu keberangkatan jemaah asal Bontang masuk dalam gelombang kedua.

“Pemondokan jemaah Bontang tahun ini berada di daerah Rei Bakhsy. Sekitar 1,5 kilometer dari Masjidil Haram. Lokasi pemondokan jemaah tahun ini lebih dekat dibandingkan jemaah haji tahun lalu yang berada di Aziziah,” jelasnya. (*)

Penulis: Bambang Al-Fatih
Editor: Yusva Alam

5/5 (1 Review)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar!

avatar
Back to top button
Close
Close