Advetorial

Pisah Sambut Peserta Magang PT Pupuk Kaltim, Jojo: Jangan Sia-Siakan Ilmu yang Didapat

magang pt pupuk kaltim
Salah satu peserta magang (paling kiri) menyampaikan harapannya di hadapan Plt Manager Learning Center, Agus Susanto (tengah) dan GM SDM PT Pupuk Kaltim, Jojo Wido Harjoso. (Yusva Alam/Akurasi.id)

Akurasi.id, Bontang – Penutupan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) II 2019 dan Pembukaan PMMB I 2020 PT Pupuk Kaltim diadakan Jumat (31/1/20) sore kemarin. Kegiatan yang dihelat di Aula Gedung Diklat PT Pupuk Kaltim ini diikuti para mahasiswa magang yang telah selesai pada 2019 dan baru memulai di 2020.

baca juga: Pupuk Kaltim Peringati Bulan K3 Nasional, Gelar Beragam Lomba Safety

“Orang sukses itu syarat utamanya suka belajar,” tegas Jojo Wido Harjoso, GM SDM PT Pupuk Kaltim kepada seluruh peserta PMMB. Belajar bisa dari mana saja.  Dari buku, Youtube, sampai belajar dari pengalaman. “Nah pengalaman ini lah yang akan didapatkan di kegiatan magang,” imbuhnya menuturkan wejangan-wejangannya saat memberi sambutan.

“Mahasiswa itu kan pertama kali masuk kerja, ego mahasiswanya masih tinggi,” tuturnya menasehati. Padahal di dunia kerja banyak hal yang harus dipelajari. Utamanya bagaimana bekerjasama dengan orang lain dalam satu tim. “Kita harus berkoordinasi, berkolaborasi dalam teamwork, bisa menghargai orang lain, senior, atasan. Bisa berinteraksi baik dengan orang lain,” imbuhnya menyampaikan apa saja yang harus dipelajari di dunia kerja.

Nasihat lainnya, sewaktu magang jangan hanya duduk-duduk saja. Ia mengingatkan peserta harus semangat belajarnya. Jangan pernah malu bertanya pada senior di unit kerja. “Kalau tidak ada yang dikerjakan tanya senior apa yang harus dikerjakan,” mengingatkan. Agar begitu selesai magang mendapatkan ilmu sesuai jurusan yang dipilih.

Dirinya berharap, peserta yang sudah selesai magang mampu mendapatkan ilmu terbaik. Jangan sampai disia-siakan. “Kalau perlu nomor hape (handphone) senior disimpan,” Ia kembali mengingatkan. Barangkali suatu saat ada yang perlu ditanyakan terkait keilmuannya.

“Saya ucapkan selamat pada peserta PMMB 2019 semoga ilmunya berguna. Kemudian, selamat datang kepada 15 peserta PMMB batch 1 2020 yang akan memulai magang,” ucapnya menutup sambutan.

magang pt pupuk kaltim
Para peserta magang baik yang lama maupun baru menyimak pesan-pesan yang disampaikan GM SDM PT Pupuk Kaltim, Jojo Wido Harjoso. (Yusva Alam/Akurasi.id)

Sementara itu, Plt Manager Learning Center PT Pupuk Kaltim, Agus Susanto memaparkan jumlah keseluruhan peserta PMMB. Untuk PMMB 2019 total mencapai 52 peserta. Terdiri dari 26 peserta batch I dan 26 peserta batch II. Sedangkan peserta PMMB batch I 2020 hanya 15 peserta saja.

Dijelaskannya, kenapa peserta batch I 2020 hanya sedikit. Hal ini dikarenakan mepetnya waktu. Hanya satu kampus saja yang merespons. Tetapi dia mengharapkan, di batch II jumlah peserta akan bertambah sesuai harapan.

“Peserta magang 2020 menjalani program magang selama enam bulan. Sejak 31 Januari sampai 30 Juli mendatang,” jelasnya.

“Kami harap peserta magang baru dapat segera mengikuti apa yang menjadi arahan unit kerja atau dari Departement Learning Center,” imbuhnya mengingatkan peserta. “Kalian sudah menjadi keluarga PT Pupuk Kaltim, mohon untuk bisa mengikuti regulasi yang ada di perusahaan ini,” pungkasnya. (*)

Penulis: Yusva Alam
Editor: Dirhanuddin

Tags
Show More

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close