Corak

Prihatin dengan Korban Banjir, Damayanti dan Tim Salurkan Bantuan

Prihatin dengan Korban Banjir, Damayanti dan Tim Salurkan Bantuan
Damayanti dan timnya sedang memberikan bantuan kepada korban banjir di Samarinda. Aksi peduli korban banjir ini dilakukannya selama tiga hari berturut-turut. (Istimewa)

Akurasi.id, Samarinda – Korban banjir di Samarinda kian hari membutuhkan bantuan dari berbagai pihak. Pasalnya, warga yang terdampak banjir tak semuanya memiliki akses mendapatkan makanan dan kebutuhan sehari-hari.

Merasa prihatin, Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPRD Samarinda terpilih, Damayanti, menyusuri wilayah di Kota Tepian. Sejumlah wilayah yang disusuri antara lain Jalan Dr Soetomo, Gunung Kelua, dan Sempaja.

“Awalnya saya dapat kabar. Saya kira hanya banjir biasa. Setelah baca koran, ternyata banjirnya sangat besar. Sebagai manusia, kalau kita melihat kondisi seperti itu, pastilah tergerak hati untuk membantu korban. Apa yang bisa kita bantu, saya berusaha untuk berbuat,” sebut Damayanti, Kamis (13/6/19).

Selama tiga hari dia menyusuri permukiman yang terdampak banjir. Bersama para relawan, perempuan berjilbab itu membagikan beragam makanan, air mineral, roti, tolak angin, pampers, obat-obatan, dan lain-lain.

“Insyaallah kita akan turun lagi besok (hari ini). Kita belum bisa pastikan ya. Kita lihat kondisi air. Apakah layak atau tidak untuk terjun ke lapangan. Karena kita memperhatikan juga kesediaan teman-teman yang lain,” katanya.

Prihatin dengan Korban Banjir, Damayanti dan Tim Salurkan Bantuan
Damayanti sedang memberikan bantuan dan mendengarkan keluhan warga yang terdampak banjir. (Istimewa)

Dia menyebut, saat membagikan sembako, banyak warga yang berdatangan dan merasa senang dengan bantuan tersebut. Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengaku, warga cukup antusias  menerima kedatangannya bersama tim.

“Apalagi banyak warga yang saya kenal. Kemarin malam, kita bagikan bantuan sampai jam 11 malam. Itu karena saking luasnya wilayah yang kita kelilingi,” terangnya.

Berdasarkan pengamatan dan keluhan warga yang terdampak banjir, Damayanti mengungkapkan, tak sedikit korban yang terserang penyakit. Penyakit yang umumnya diderita adalah diare dan gatal-gatal.

“Mereka yang terdampak banjir ini harus dievakuasi. Memang dibutuhkan kesadaran dari korban banjir agar mau dievakuasi dan ditempatkan di tempat yang telah disediakan pemerintah. Mengapa? Ini untuk memudahkan kerja relawan yang memberikan obat-obatan dan makanan,” sarannya.

Kata dia, masalah banjir mesti menjadi perhatian serius pemerintah dan masyarakat. Sebagai calon wakil rakyat terpilih, Damayanti akan berikhtiar di parlemen untuk memperjuangkan penyelesaian banjir di ibu kota provinsi tersebut.

Dia akan konsen mendorong pengawasan, pembuatan aturan, dan penganggaran untuk menyelesaikan masalah banjir yang telah berlangsung selama 25 tahun di Samarinda.

“Kita akan upayakan mendorong anggaran untuk drainase. Penanggulangan banjir, khusus untuk pemerintah kota, saya rasa sebaiknya konsen di perbaikan dan pembuatan drainase,” imbuhnya. (ser)

Penulis: Ufqil Mubin
Editor: Ufqil Mubin

4.8/5 (4 Reviews)
Tags

Tinggalkan Komentar!

avatar
Back to top button
Close
Close