Advetorial

PT KDM Gelar Pelatihan Pembuatan Video Bahan Ajar untuk Guru PAUD

PT KDM Gelar Pelatihan Pembuatan Video Bahan Ajar untuk Guru PAUD
PT KDM gelar pelatihan untuk guru PAUD, sekaligus penyerahan hardisk eksternal oleh Sekper PT KDM Sukardi. (Suci Surya Dewi/Akurasi.id)

PT KDM Gelar Pelatihan pembuatan video bahan ajar untuk guru PAUD. Pesertanya berasal dari 4 PAUD area buffer zone.

Akurasi.id, Bontang – Dalam rangka peningkatan kapasitas kualitas guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di wilayah buffer zone, PT Kaltim Daya Mandiri (KDM) menggelar Pelatihan Pembuatan Video Bahan Ajar PAUD dengan Aplikasi Kine Master. Kegiatan yang bekerja sama dengan PAUD Terpadu YPK ini ditutup dengan agenda silaturahmi dan penyerahan bantuan untuk para peserta di Rumah Makan Bontang Kuring, Kamis (22/10/2020).

Baca juga: Bantuan Korban Banjir Gusung Kembali Diserahkan Baznas Bontang

Kegiatan tersebut merupakan Corporate Social Responsibility (CSR) Program PAUD Inspiratif 2020. Di mana diikuti sekolah PAUD mitra binaan KDM antara lain PAUD Terpadu Nurul Fattah Loktuan, PAUD Kasih Bunda 2 Gusung, PAUD Terpadu Madani Sidrap, dan PAUD Terpadu Kreatif Loktuan.

Sekretaris Perusahaan (Sekper) PT KDM Sukardi mengatakan kegiatan pelatihan pembuatan video bahan ajar menggunakan aplikasi Kine Master melalui HP diharapkan bisa memudahkan guru PAUD dalam proses belajar mengajar. Terutama saat kondisi pandemi Covid-19 yang mengharuskan guru mengajar dari jarak jauh secara daring.

“Di masa pandemi guru dituntut lebih kreatif saat mengajar. Diharapkan dengan pelatihan ini guru bisa membuat video bahan ajar dengan HP yang dipakai sehari-hari. Sehingga memudahkan proses belajar mengajar,” ucap Sukardi dalam sambutannya.

Selain silaturahmi, pada kegiatan tersebut PT KDM juga memberikan bantuan untuk peserta pelatihan. Di antaranya uang tunai pengganti pulsa selama proses pelatihan senilai Rp200 ribu. Masing-masing peserta juga mendapat bantuan berupa hardisk eksternal sebesar 1 terabyte.

“Hasil video yang dibuat di HP kapasitas penyimpanannya terbatas. Dengan bantuan hardisk ini para guru bisa menyimpan video buatannya dengan memori cukup besar,” jelasnya.

Baca Juga  Percontohan Budi Daya Lobster di Bontang Kuala, DKP3 Bontang: Tingkatkan Mutu Pelaku Usaha

Pada pelatihan yang diadakan sejak 27 September lalu ini dilatih oleh instruktur dari PAUD Terpadu Yayasan Pupuk Kaltim (YPK), yakni Bunda Titi Dwijayati dan Bunda Wiwik Eritiyani selaku Kepala Sekolah PAUD Terpadu YPK. Pada kesempatan yang sama, Bunda Wiwik mengucapkan terima kasih kepada PT KDM yang telah bermitra dengan sekolah PAUD Terpadu YPK untuk memberikan pelatihan pembuatan video tersebut. Dia menyatakan para peserta pelatihan sudah memiliki basic keahlian membuat video sebelumnya. Sehingga pelatihan melalui daring berjalan dengan lancar. Dia berharap hasil pelatihan dapat diaplikasikan dalam pembelajaran murid.

PT KDM Gelar Pelatihan Pembuatan Video Bahan Ajar untuk Guru PAUD
Sekper PT KDM Sukardi menyerahkan bantuan hardisk eksternal kepada perwakilan mitra PAUD. (Suci Surya Dewi/Akurasi.id)

“Serta para guru PAUD semakin kreatif dan inovatif dalam mengembangkan pembuatan video,” paparnya.

“Terima kasih PT KDM atas sumbangsihnya yang luar biasa terhadap pendidikan PAUD di Bontang. Sukses selalu semoga kerja sama ini terus terjalin,” tambahnya.

Dradjad Sarwoadji selaku Humas PT KDM sekaligus panitia penyelenggara memaparkan teknis pelatihannya. Di mana sejak 27 September para guru PAUD dari 4 sekolah ini mengikuti pelatihan secara online via Zoom. Pelatihan diberikan setiap hari Minggu.

“Instruktur bergantian memberikan latihan setiap Minggu. Peserta juga mendapatkan sertifikat,” jelasnya.

Rencananya pelatihan tidak hanya berhenti sampai di sini saja. Kata Dradjad, 2021 mendatang PT KDM merencanakan melaksanakan pelatihan lanjutan aplikasi Kine Master tersebut. Sehingga pengembangan dengan menambahkan animasi-animasi atau inovasi lainnya yang sesuai dengan aplikasi Kine Master tersebut. Sehingga menjadi lebih baik dan menarik.

Dia berharap guru PAUD yang telah diberikan pelatihan dapat membuat video yang lebih kreatif. Sehingga murid yang belajar dari rumah mudah menerima pelajaran.

“Peserta batch 1 selesai, semoga bisa lanjut batch 2. Harapannya, PT KDM bisa beri pelatihan untuk seluruh sekolah PAUD se-Bontang, tidak hanya buffer zone saja,” pungkasnya. (adv)

Baca Juga  Bapenda Beri Relaksasi PBB Sampai 1 Desember

Penulis/Editor: Suci Surya Dewi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks