Advetorial

PT Pupuk Kaltim Gelar 2nd Bontang Koi Festival, Diminati Peserta Luar Daerah

festival koi
Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni membunyikan gong pertanda 2nd Koi Festival dibuka. (Destiana Nur Hidayanti/Akurasi.id)

Akurasi.id, Bontang – Ratusan ikan koi beragam corak dan ukuran menghiasi suasana ruang pertemuan Gedung Koperasi Karyawan PKT pada 2nd PKT Bontang Koi Festival, Jumat (1/11/19). Kegiatan itu merupakan rangkaian HUT ke-42 tahun PT Pupuk Kaltim yang diselenggarakan 2-3 November 2019.

Pada kompetisi berskala nasional ini banyak dihadiri pencinta cyprinus carpio dari berbagai daerah di luar Bontang. Mulai dari Samarinda, Balikpapan, Banjarmasin, Blitar, Yogyakarta, Jakarta, dan daerah lainnya. Hadir pula Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni, Direktur Utama Pupuk Kaltim Bakir Pasaman, Ketua DPRD Bontang Andi Faisal Sofyan Hasdam, dan jajaran manajemen PT Pupuk Kaltim.

baca juga: Cegah DBD Sedini Mungkin, Pupuk Kaltim Bagikan Sembilan Alat Fogging di Empat Kelurahan

Ketua Panitia Bontang Koi Festival sekaligus GM Administrasi Keuangan Pupuk Kaltim, Budi Susilo mengatakan acara tersebut diprakarsai komunitas pencinta koi Bontang yang diketuai Sonny Lesmana, yaitu Bontang Koi Khatulistiwa.

“Kompetisi ini dilaksanakan dalam rangka perayaan Ulang Tahun Pupuk Kaltim ke-42 dan merupakan kelanjutan dari PKT Bontang Koi Festival yang diadakan 2018 lalu,” ucap Budi.

Budi menuturkan, festival ikan koi itu melebihi pencapaian target panitia. Tahun ini, jumlah ikan yang di daftarkan sebanyak 500 ekor ikan. Sedangkan target hanya 300 ekor koi. Teknis pelaksanaan lombanya dibagi menjadi 3 kategori dan 11 kelas. Ukuran ikan yang dilombakan mulai dari ukuran 15 sentimeter, 16-25 sentimeter, 26-35 sentimeter, 36-45 sentimeter, hingga 46-55 sentimeter.

festival koi
Direktur Utama Pupuk Kaltim Bakir Pasaman menunjukkan ikan koi yang dilombakan. (Humas Pupuk Kaltim)

“Peserta kompetisi akan memperebutkan Piala Bergilir Bakir Pasamandan Piala Walikota Bontang. Juri nasional tersertifikasi APKI (Asosiasi Pencinta Koi Indonesia). Kebetulan nanti yang menjadi juri adalah Pak Eka, yang merupakan ketua Juri Nasional APKI.” tambahnya.

Direktur Utama PT Pupuk Kaltim, Bakir Pasaman menjelaskan awal mula terbentuknya kegiatan ini niatnya mewadahi hobi pencinta koi para pekerja. Pada 2017, kata dia, karyawan PT Pupuk Kaltim saat itu berkunjung ke wilayah Blitar. Di sana mereka menikmati keindahan ikan koi. Akhirnya Pencinta Koi di Bontang mencetuskan ide untuk membuat kegiatan Festival Koi ini.

“Harapan ke depannya agar kegiatan ini mendapatkan support dari pemerintah Bontang dan dapat dijadikan ikon Bontang,” harapnya.

Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni, sejak awal kehadirannya menunjukkan antusiasme tinggi melihat langsung ikan-ikan yang dikompetisikan. Dalam sambutannya Neni mengatakan jika kegiatan tersebut diliput media nasional terlihat luar biasa. Lantaran, kata dia, tidak mudah mendatangkan peserta lomba dari luar kota.

“Dengan adanya kegiatan ini kami harapkan akan adanya multiplier effect bagi masyarakat dan mendorong peningkatan jumlah kunjungan ke Bontang,” imbuhnya.

Dibuka untuk umum, 2nd PKT Bontang Koi Festival berlangsung selama 2 hari pada 2-3 November 2019 di Gedung Koperasi Pupuk Kaltim. Rangkaian acara pada Sabtu (2/11/19) diisi dengan penjurian selama sehari penuh. Kemudian dilanjutkan dengan ceremony kemenangan, kegiatan pelelangan ikan koi, dan kegiatan penutup pada Minggu (3/11/19). Acara ini bisa menjadi pilihan bagi warga Bontang untuk menghabiskan waktu liburan akhir pekan. (*)

Penulis: Destiana Nur Hidayanti
Editor: Suci Surya Dewi

5/5 (3 Reviews)

Tags

Tinggalkan Komentar!

avatar

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close