Corak

Puluhan Orang Ikuti Donor Darah Ikapakarti Peduli

Puluhan Orang Ikuti Donor Darah Ikapakarti Peduli
Saefuddin Zuhri (Ufqil Mubin/Akurasi.id)

Akurasi.id, Samarinda – Pada Ahad (21/7/19) siang, Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Paguyuban Keluarga Tanah Jawi ( DPD Ikapakarti) Samarinda mengadakan acara donor darah. Puluhan orang terlihat antusias mengikuti kegiatan yang diadakan di Plaza Mulya tersebut.

Ketua DPD Ikapakarti Samarinda, Saefuddin Zuhri, mengungkapkan, donor darah yang diselenggarakan bersama Palang Merah Indonesia (PMI) ini dimulai pukul 11.30 Wita. Hingga pukul 13.00 Wita, 98 orang telah mendaftar sebagai pendonor darah. Mereka berasal dari berbagai latar belakang dan jenis kelamin berbeda.

“Tidak ada target berapa orang yang akan mendonor darahnya. Paling enggak minimal sampai jam 5 sore,” sebutnya.

Kata Zuhri, Ikapakarti akan terus melaksanakan kegiatan sosial. Secara internal, pihaknya bakal bermusyawarah untuk menyusun agenda serupa yang dilaksanakan di sejumlah daerah di Kaltim.

“Kalau kegiatan sosial, banyak yang sudah kami laksanakan. Samarinda ini hampir 45 persen orang Jawa. Sebagai paguyuban Jawa, kita sama-sama membangun Kota Samarinda,” ucapnya.

Dia menegaskan, donor darah ini diselenggarakan untuk kepentingan sosial. Pihaknya tidak memiliki agenda politik untuk menarik simpati publik. “Murni beramal,” katanya.

Ketua Panitia Ikapakarti Peduli, Teguh Winarno, mengatakan, program sosial kerap dijalankan organisasi paguyuban tersebut. Pihaknya ingin terus menunjukkan kepedulian pada masyarakat Samarinda.

Puluhan Orang Ikuti Donor Darah Ikapakarti Peduli
Teguh Winarno (Ufqil Mubin/Akurasi.id)

“Sehingga masyarakat bisa mengambil manfaat dengan keberadaan organisasi Ikapakarti. Nanti kita akan terus bergerak melalui kegiatan-kegiatan peduli,” ujarnya.

Asisten 1 Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda Tejo Sutartono mengapresiasi kegiatan donor darah yang dilaksanakan Ikapakarti. Menurutnya, acara ini sangat penting karena darah sangat dibutuhkan di masyarakat. “Dengan bantuan dari saudara-saudara kita dari Ikapakarti ini, tentu akan meringankan [beban orang-orang yang membutuhkan darah],” jelasnya.

Dia menyebut, donor darah dapat mempermudah PMI menambah kantong-kantong darah. Karena permintaan darah di sejumlah rumah sakit sangat tinggi.

“Bakti sosial yang dilaksanakan Ikapakarti ini sangat membantu sekali. Mewakili pemerintah kota, saya berterima kasih kepada pengurus dan panitia donor darah ini,” ucapnya.

Dia berharap seluruh organisasi paguyuban di Samarinda dapat mengambil contoh dari Ikapakarti. Organisasi paguyuban Sulawesi, Minang, Banjarmasin, dan daerah lainnya mesti mengambil peran yang sama untuk membangun Kota Tepian.

“Karena semuanya sudah menjadi warga Kota Samarinda. Asalnya saja dari daerah yang berbeda. Bumi dipijak dan langit dijunjung itu harus senantiasi melekat pada semua orang,” imbuhnya. (ser)

Penulis/Editor: Ufqil Mubin

5/5 (2 Reviews)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar!

avatar
Back to top button
Close
Close