Hard News

Puluhan Ribu Warga Kutim Belum Merekam KTP-El

Puluhan Ribu Warga Kutim Belum Merekam KTP-El
Seorang warga usia 17 tahun sedang merekam KTP-El. Meski perekaman terus dilakukan, namun masih terdapat puluhan ribu jiwa warga lainnya yang belum merekam data diri untuk persyaratan kepemilikan KTP-El. (Ela Ramlah/Akurasi.id)

Akurasi. id, Sangatta – Dari 420 ribu jiwa warga Kutai Timur (Kutim), terdapat 51 ribu jiwa warga Kutim yang belum merekam KTP Elektronik (KTP-El). Meski demikian, kemungkinan besar jumlah ini akan terus berkurang. Pasalnya setiap kecamatan terus melakukan perekaman.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kutim, Januar Herlian Putra Lembang Alam, mengajak masyarakat agar pro aktif dalam kegiatan perekaman KTP-El.

“Data jumlah penduduk Kutim yang mencapai 420 Ribu jiwa lebih, 289.542 jiwa di antaranya wajib memiliki KTP-El. Sedangkan yang sudah melakukan perekaman sebanyak 238.379 jiwa. Sehingga yang belum melakukan perekaman sebanyak 51.163 Ribu jiwa,” katanya.

Dia menyebut, pemerintah telah memfasilitasi semua kecamatan agar dapat melayani perekaman KTP-El untuk warga setempat, mendatangi warga, dan bekerja sama dengan sekolah-sekolah.

“Tidak hanya itu. Di saat ada kegiatan besar, kami juga membuka stand perekaman. Hari libur pun kami membuka pelayanan,” katanya, Selasa (25/6/19).

Umumnya warga yang belum merekam KTP-El adalah pendatang baru di Kutim dan remaja berusia berusia 17.

“Belum lagi mereka yang berada di pedalaman jauh. Ditambah warga yang datang pindah tanpa memberikan laporan serta yang sudah meninggal dunia,” sebutnya.

Dirinya berharap warga yang belum melakukan perekaman menyadari pentingnya tertib administrasi kependudukan. Sebab warga yang belum memiliki KTP-El akan mengalami kesulitan saat membutuhkan pelayanan di instansi pemerintahan dan swasta.

“Sekarang, semua membutuhkan KTP-El.  Bahkan, jika tak merekam maka akan diblokir [data kependudukannya]. Mudahan saja bisa terkejar. Jika pun tidak, kami terus memberikan pelayanan secara maksimal,” tandanya. (*)

Penulis: Ella Ramlah
Editor: Ufqil Mubin

5/5 (2 Reviews)

Tags

Tinggalkan Komentar!

avatar

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close