AdvetorialIsu Terkini

Pupuk Kaltim Ajak Masyarakat Bufferzone Tanggap Bahaya Kebakaran

Direktur Produksi Pupuk Kaltim Bagya Sugihartana (topi hitam tengah) bersama perwakilan manajemen Pupuk Kaltim dan Pemkot Bontang berfoto dengan para pemenang lomba. (Fauzi/Humas Pupuk Kaltim)

Akurasi.id, Bontang – Tak biasanya, halaman parkir Gedung Olahraga PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim), Minggu (10/2/19) pagi, ramai dengan orang-orang yang berseragam abu-abu. Tampak karyawan PT Pupuk Kaltim, rombongan dari enam kelurahan bersama keluarga menyesaki tenda yang telah disediakan panitia.

Rupanya mereka akan mengikuti “Fire and Rescue Competition” antarmasyarakat bufferzone di lingkungan perusahaan PT Pupuk Kaltim. Lomba yang digelar dalam rangka bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tahun 2019 ini, berupa Lomba estafet warga yang saling bahu membahu dan bersinergi dengan petugas untuk memadamkan kebakaran dan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K).

Diikuti 14 tim dari enam kelurahan yang ada berada di bufferzone perusahaan PT Pupuk Kaltim, yakni Kelurahan Guntung, Kelurahan Loktuan, dan Kelurahan Telihan yang masing-masing mengirim dua tim. Kemudian ada Kelurahan Belimbing, Kelurahan Gunung Elai, dan Kelurahan Bontang Kuala yang juga masing-masing mengirim dua tim.

Setiap tim harus melewati tahapan lomba seperti, menyiapkan yel-yel, tim melewati jembatan gantung, melewati titian halang rintang, membuat jembatan darurat, hingga berusaha menjauhkan drum minyak dari lokasi kebakaran hingga sampai di titik finis.

Tidak sampai di situ, peserta yang bertugas sebagai petugas P3K harus sigap menyelamatkan korban pingsan yang berada di salah satu ruangan. Sementara dua orang petugas pemadam kebakaran menuju dapur untuk memadamkan kompor yang terbakar.

Ketua Panitia, Sugeng Hartono menjelaskan bahwa lomba tersebut akan dinilai dari kecepatan waktu hingga semangat tim. “Setiap tim akan dinilai dari teknik memadamkan api, kerja sama tim, kekompakan, pencapaian waktu hingga semangatnya,” ujar dia.

Sementara itu, Direktur Produksi Pupuk Kaltim, Bagya Sugihartana menyampaikan tujuan diadakannya kegiatan tersebut untuk memberikan bekal pengetahuan kepada masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan pemadaman kebakaran.

Sebelum terjadinya musibah, masih ada beberapa masyarakat yang cenderung kurang peduli atau bahkan mengabaikan hal-hal yang dapat merugikan, seperti musibah kebakaran. Akan tetapi setelah adanya kejadian atau musibah, masyarakat baru menyadari dan peduli terhadap permasalahan kebakaran.

Tampak aksi dari salah satu tim peserta lomba yang berusaha untuk memadamkan api. (Fauzi/Humas Pupuk Kaltim)

Diharapkan melalui kegiatan ini, semakin banyak masyarakat yang tahu dan mengerti cara memadamkan api dengan baik dan benar. Melalui kegiatan itu, diharapkan dapat memperkecil terjadinya bahaya kebakaran.

“Pada kesempatan yang baik ini, Pupuk Kaltim mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kota dan masyarakat Bontang yang selama ini telah ikut menciptakan suasana kondusif sehingga kegiatan operasional perusahaan dapat berjalan dengan baik dan lancar,” ucapnya.

“Saya mewakili jajaran direksi, manajemen dan seluruh keluarga besar Pupuk Kaltim memohon doa serta dukungan pemerintah kota dan masyarakat Bontang agar pada saat ini dan di masa yang akan datang, Pupuk Kaltim dapat beroperasi dengan baik dan lancar serta dapat mengembangkan perusahaan menjadi lebih besar lagi, sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar lagi kepada masyarakat bufferzone, masyarakat Bontang dan bangsa Indonesia,” sambungnya.

Sekretaris Dinas PMK Bontang Sabriansyah yang mewakili Wali Kota Bontang, dalam sambutannya mengingatkan kepada semua yang hadir untuk selalu berhati-hati dan memastikan semua yang ada di tempat tinggal ataupun bekerja sudah aman dari ancaman kebakaran.

“Saya yakin dengan mengikuti pelatihan dan lomba seperti ini maka kita dapat dengan tenang mengatasi kebakaran apabila terjadi di rumah kita, kantor kita, ataupun toko kita. Terima kasih banyak untuk Pupuk Kaltim yang telah mengadakan kegiatan ini,” jelasnya.

Dalam lomba ini, juara satu diraih tim Nitrogen Kelurahan Bontang Kuala, juara dua diraih tim Forum Ketua RT Kelurahan Loktuan, dan juara tiga diraih tim Telihan satu dari Kelurahan Gunung Telihan. (*/warta)

Penulis: Ella Ramlah
Editor: Yusuf Arafah

5/5 (2 Reviews)
Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar!

avatar
Back to top button
Close
Close